Weekend Produktif: Begini Tips dan Plan-ku

After working in whole weekdays, what I always wait for is WEEKEND! Kayanya yang lainya juga gitu ya. Tapi, instead of taking a rest, entah kenapa aku suka banget bikin weekend produktif.

Biasanya, aku setup salah satu hari di weekend sebagai weekend tetap produktif. Kemudian, satu hari lagi buat istirahat total. Ya, sekadar leyeh-leyeh atau malah full jalan-jalan (tanpa ada agenda harus benerin ini itu).

Nah, ini dia weekend produktif versiku! Biar definisi produktif itu gak melulu soal kerjaan kantor atau bahkan freelance.

1. Beberes

Aku suka banget beberes! Ini tuh jadi aktivitas yang malah bikin aku recharge. Bahkan, pas sakit beberapa waktu lalu dan harus di rumah aja, aku masih ngelakuin decluttering. Karena ngerasa puas gitu habis beberes, apartemen terasa lebih lega dan fresh. Dan asyik buat leyeh-leyeh.

Biasanya apa aja yang aku beresin? Yang pasti, hal-hal yang aku gak sempat buat kerjain pas weekdays. Contoh: Ngepel, ganti sprei, bersih-bersih total yang sampe sudut-sudut haha, dan bersihin kulkas.

2. Kerjain project pribadi

Ini bukan kerjaan freelance ya, tapi bener-bener project pribadi alias ngerjain produk aku sendiri. Project pribadi yang aku maksudkan di sini adalah lebih ke membangun personal branding, kayak nulis blog-ku sendiri, bikin konten untuk sosial mediaku (baik yang personal atau akunku yang lain), dan sebagainya.

Kebetulan kerjaan kantor maupun freelance-ku, sedikit banyaknya bersinggungan dengan project pribadi ini. Aku bisa dapat kerjaan maupun kerjaan freelance ya karena ini. Nanti kapan-kapan aku bahas soal personal branding ini ya.

3. Self-development

Terlalu fokus ke pekerjaan, tapi lupa buat self-development menurutku sayang banget ya. Self-development gak harus tentang kerjaan, kerjaan, dan kerjaan. Tetapi bisa di bidang lain yang mungkin gak sempat buat kita kembangin pas di hari kerja.

Misalnya, kalau aku biasanya bakal hampir pasti gym di weekend. Hari biasa juga aku gym, tetapi kadang harus skip karena kerjaan, so pasti di weekend itu udah wajib banget gitu. Gak cuma itu, di weekend juga aku sediain waktu buat baca buku atau ngelakuin kegiatan yang mungkin belum pernah/jarang aku lakuin sebelumnya. 

4. Kulineran

Ini dia salah satu weekend produktif yang paling aku suka! Beberapa waktu terakhir ini lagi senang lihat channel Youtube Nex Carlos dan rekomendasi kulineran kaki lima atau hidden gem-nya.

So, pas menuju weekend biasanya aku udah list mau kemana. Biasanya aku pilih satu tempat aja.

5. Service rutin

Service Mobil Dokter Mobil

Yang pasti, service rutin menjadi salah satu agenda wajib buat weekend produktifku. Gak setiap minggu sih karena kan gak semua harus di-service sekali seminggu. Anyway, walau sekarang full WFH tapi sering gak sempat kalau harus manggil atau ke tempat service pas weekdays, jadi aku milih pas weekend aja.

Service apa aja sih? Misal, bersihin AC apartemen, manggil jasa bersih-bersih kalau mau deep cleaning, cuci mobil, dan termasuk juga service mobil rutin. Nah, ngomongin soal service mobil rutin, aku biasanya ke Dokter Mobil.

Dokter Mobil ini spesialis buat service dan pengecekan mobil berkala. Meliputi service AC tanpa bongkar, tune-up, dan ganti oli. Buatku service mobil rutin kayak gini penting banget, karena bakal menghemat waktu di masa mendatang. Soalnya kalau mobil gak dijaga, bakal bikin kita repot harus bolak-balik benerin di kemudian hari.

Nah, biasanya aku perawatan apa aja di Dokter Mobil:

  • General check-up, ini tuh check-up keseluruhan, buat tahu mana yang perlu di-service dan sebagainya.
  • Fogging mobil, buat bersihin mobil dari virus dan bakteri. Tahu sendiri kan sekarang virusnya makin ganas, hehe.
  • Treatment AC, ini yang paling aku suka. Tiap service pasti AC-nya jadi dingin banget lagi dan harum. Oiya, kebetulan tipe mobilku gak perlu bongkar buat treatment AC ini.

Anyway, buat kamu yang pengin cobain service atau general check-up ke Dokter Mobil, mereka ada 16 cabang, lho! Yaitu di Jakarta, Depok, Bekasi, Tangerang, Bandung, Cirebon, Surabaya, dan Makassar.

Itu dia daftar weekend produktif a la Helda. Yang pasti, tipsnya dari aku adalah lakuin apa yang gak bisa kamu lakuin pas weekdays buat plan weekend-mu. Kemudian, kalau bisa penuhin aja di satu hari buat ngelakuin beberapa hal. Lalu, satu hari weekend yang lainnya bisa dipakai buat kegiatan lebih ringan atau istirahat total. Biar ada tenaga buat hari Senin gitu!

Kamu sendiri sudah merencanakan kegiatan apa saja di weekend ini, Temans? 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s