Biar Pede Reuni Bukber, Ini Tips Nyaman Berpuasa Tanpa Bau Mulut

Bulan puasa gini pasti banyak banget undangan bukber alias buka bareng. Buat beberapa orang, mungkin termasuk kamu, kadang jadi kurang percaya diri gitu.

Bukan karena tempat makannya atau ketemu mantan *eh*. Tapi lebih gak pede karena udah seharian puasa eh harus ketemu orang, takutnya bau napas gak enak. Udah rahasia umum kalau puasa gini biasanya napas kurang enak karena mulut yang kering seharian.

Padahal sebenarnya kamu gak perlu segitu parnonya, lho!

Berhubung hari Senin (21/05) lalu aku dapat kesempatan dengerin talkshow-nya Betadine, aku bakal share rahasia yang dijabarin sama pakarnya di sana.

Betadine Obat Kumur
Bareng temen-temen blogger kece yang pede senyum 😀

Jaga Tubuh Sehat Saat Berpuasa dari dr. Fiastuti Witjaksono, SpGK

Ada dr. Fiastuti Witjaksono, SpGK yang jadi pembicara pertama di bagian acara bertajuk “Nutrisi untuk Puasa”.

Ibu dokter jelasin panjang lebar soal menu sahur dan buka puasa serta makanan setelah taraweh yang sebaiknya kita santap. Keren deh pokoknya! Kita jadi tahu banyak soal fakta dan mitos yang beredar seputar makanan selama puasa.

Ada beberapa tips yang dijelasin oleh ibu dokter. Salah satunya mengenai nutrisi yang harus masuk saat sahur, buka puasa, dan setelah tarawih.

Dijelasin kalau saat sahur, kita mesti makan dengan total 40 persen dari total makan sehari. Kita bisa perkaya nutrisi yang masuk mulai dari karbohidrat, protein, lemak, sayur dan buah, dan air putih. Perlu diingat hindari makanan manis saat sahur biar gak cepat kenyang tetapi juga cepat lapar.

Kemudian, saat buka puasa, kita disaranin buat berbuka dengan yang manis. Iya, seperti yang sering kita dengar. Ini karena kadar gula menurun saat puasa. Jadi, kamu butuh asupan gula yang baru. Lalu, kamu bisa makan makanan lengkap seperti saat sahur.

Nah, gimana setelah pas tarawih? Ini yang sering kali salah kaprah. Banyak orang yang berpuasa seperti balas dendam setelah tarawih. Padahal setelah tarawih, kita tuh disaranin buat makan sedikit aja. Bahkan, kalau bisa cuma ngemil aja sekitar 10 persen. Perbanyak minum air putih juga.

Jadi tahu kan gimana yang bener?

Jaga Kesegaran Mulut Saat Puasa a la dr. Mery Sulastri

Ada dr. Mery yang jelasin soal manfaat Betadine
Ada dr. Mery yang jelasin soal manfaat Betadine

Udah selesai dengan ngejaga kesehatan tubuh, ini nih yang paling ditunggu-tunggu. Sebagian besar orang gak pede saat puasa, akhirnya nolak ajakan bukber cuma gegara napas kurang sedap.

Kenapa napas jadi kurang sedap? Salah satunya karena aktivitas mulut yang berkurang. Contoh, mengunyah dan menghasilkan air liur. Kedua aktivitas tersebut berfungsi buat membilas bakteri sehingga mulut gak asem.

Mery Sulastri yang merupakan educator dan trainer di Mundipharma Indonesia menjelaskan beberapa tips buat jaga mulut tetap segar.

  • Hindari rokok, apalagi saat sahur.
  • Kurangi konsumsi kafein khususnya sebelum tidur.
  • Hindari makanan yang bisa menyebabkan bau mulut. Contoh, durian dan bawang-bawangan. Gila aja sih makan durian pas puasa. Hehe.
  • Banyakin minum air putih saat sahur dan setelah berbuka puasa.
  • Hindari makanan “berat” yang gak baik buat tenggorokan saat buka puasa. Contoh, gorengan. Godaan banget ya?
  • Rajin sikat gigi setelah makan dan sikat lidah.
  • Yang paling penting berkumur dengan obat kumur dengan kandungan antiseptik. Obat kumur seperti itu bakal bantu mengontrol pertumbuhan bakteri.

Salah satu obat kumur yang paling direkomendasikan saat itu adalah BETADINE. Kamu bisa gunakan setelah makan sahur dan sebelum tidur.

Aku sendiri udah gak asing sih sama Betadine Obat Kumur ini karena salah satu pengguna tetapnya.

Kenapa Harus Betadine Obat Kumur?

Asal tahu aja Betadine udah dipercaya selama 50 tahun di seluruh dunia sebagai obat pencegah dan anti-infeksi.

Selama ini mungkin kamu udah gak asing sama Betadine obat luka. Padahal sebenarnya ada tiga produk lain lagi yang udah laris-manis di pasaran, yaitu perawatan kewanitaan, perawatan penyakit menular, dan perawatan rongga mulut dan tenggorokan.

Nah, yang terakhir adalah produk Betadine Obat Kumur. Obat kumur antiseptik ini memiliki kandungan povidone – iodine 1% yang berfungsi menjaga kesehatan rongga mulut dan tenggorokan. Salah satu caranya adalah mengontrol pertumbuhan bakteri. Jadi, meski kamu puasa sekalipun, mulut tetap segar deh!

Setelah gak puasa nanti pun, kamu tetap bisa secara rutin berkumur menggunakan Betadine Obat Kumur ini. Menurutku obat kumur ini jauh lebih “enak” daripada umur lainnya yang rasanya cukup perih di mulut.

Jadi, sekarang udah pede buat ikut bukber dan ketemu temen-temen, kan? Betadine Obat Kumur bisa kamu dapetin di supermarket atau apotek terdekat, kok.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s