Category Archives: Self-care

Pengembangan diri dan kesehatan mental.

memulai hidup minimalis

Memulai Hidup Minimalis dengan Cara Simpel

Sewaktu kecil, saya pernah bercita-cita untuk hidup nomaden yaitu tinggal di tempat-tempat yang membutuhkan. Menjadi pengajar ke berbagai daerah, khususnya di wilayah yang sukar terjangkau. Cita-cita tersebut ternyata merupakan refleksi dari diri saya yang ingin hidup minimalis.

Cita-cita tersebut belum tercapai dan sekarang saya belum terpikir lagi. Namun, saya pernah hidup dengan hanya sekitar lima-enam pasang baju saja. Tidur di ruko tanpa kamar. Lemari saya hanya laci meja saja.

Entah kenapa pada saat itu, saya merasa “bebas” sekali. Berbeda dengan beberapa waktu terakhir ini, yang mana otak saya selalu berpikir bahwa mana lagi yang perlu saya buang dari apartemen. Sebab, pusing sendiri karena barang-barang saya semakin menumpuk.

Continue reading

Apa Tujuan Hidup Manusia?

Ketika bertanya apa tujuan hidup manusia, saya pribadi pasti akan mengaitkannya dengan keberadaan Tuhan. Yang mana dalam beberapa tahun terakhir ini, saya merasa bahwa Dia gak ada, ada, atau memang jauh.

Tapi jujur saja, saya takut mati. Takut akan rasa sakit menuju waktu tersebut. Atau, takut dilupakan karena menjadi tiada.

Apa Itu Tujuan Hidup?

Tujuan hidup bagi saya adalah mengapa sesuatu terjadi, apa yang perlu kita lakukan, bagaimana kita memaknainya, serta bagaimana akhirnya? 

Nah, pertanyaan “mengapa sesuatu terjadi” inilah yang memang sering kali menjadi misteri. Pertanyaan tersebut juga menjadi dasar keyakinan dan tindakan kita ke depannya.

Continue reading

Menjadi Orang ‘Normal’ Meski Mengidap Bipolar

Seseorang pernah bilang kayak gini ke saya, “Tapi gw liat lo normal-normal aja. Gak kayak orang sakit (bipolar).”

Kalimat tersebut terucap jelang akhir tahun lalu. Dan memang pada saat itu, saya merasa dan memang benar-benar jauh lebih baik daripada sebelumnya. Saya bekerja dengan lebih bersemangat. Kehidupan sosial saya baik-baik saja, bahkan gak ada yang menyadari kalau saya punya mood-swing yang parah. Saya juga hampir jarang ngambekan.

Meski terlihat sangat baik, bukan berarti saya sudah ‘sembuh’. Saya ‘hanya’ sudah bisa memilih mana yang perlu ditampilkan dan mana yang gak. Saya juga sudah cukup bisa mengendalikan diri. Itu saja.

Continue reading

Dendam

Saya teringat kata-kata salah satu psikiater saya sekitar dua tahun lalu. Beliau bilang bahwa saya masih punya dendam masa lalu yang belum bisa saya lepaskan.

Saya harus akui itu.

Tapi terlalu banyak dendam yang sudah bercokol dalam diri saya. Hingga akhirnya saya gak tahu mana yang sebenarnya bikin diri saya seperti sekarang.

Entah itu dendam masa lalu dimana ayah saya mabuk-mabukan dan bikin ibu saya tersiksa. Entah itu dendam ketika akhirnya ibu saya sakit dan gak kuat lagi yang akhirnya meninggal. 

Continue reading
artscience museum

2019 A Year in Review: Menjadi yang Terbaik

Agak telat ya buat nulis review mengenai yang terjadi setahun kemarin. Secara sekarang udah di awal tahun 2020 dan bulan Januari sudah mau habis pula!

😀

But, it is okay-lah. Because there are lots of stories I want to share with you. Many things happened, many things changed, and I feel that I grew up a lot this year. Even, I never imagined that I could get into this stage.

Continue reading

One Year in Review: Belajar Makin Tangguh

Udah pertengahan Januari 2019 aja dan aku baru sempat menulis di blog tercinta ini. Padahal resolusiku di tahun 2019 ini adalah rajin #updateblog.

Jangankan update blog, tadinya aku mau bikin satu foto satu hari di Instagram. Namun, apa daya idenya buntu. Plus, alasan lain adalah biar foto yang diunggah lebih berkualitas sih.

Well anyway, I want to say that 2018 is one of the best years I’ve ever enjoyed. Haha, I don’t know, it seems every year I always called as one of the best years. Itu tandanya mensyukuri segala nikmat yang ada di setiap tahun ya! Sebab, setiap tahun punya hal positif dan negatif yang bakal kita alami atau kita bikin sendiri.

And, this years especially had already given so much special things. Especially several months to end of year, I feel that I spreaded the positive vibes to my surrounding. And, I received the positive feedbacks too.

Continue reading