Pro dan Kontra LASIK: Panduan untuk Membuat Keputusan

Laser-assisted in situ keratomileusis atau LASIK adalah metode pengobatan modern pada mata yang mengalami gangguan penglihatan. LASIK mata antara lain berguna untuk mengatasi rabun jauh (mata minus), rabun dekat (mata plus), dan astigmatisme (mata silinder).

Operasi LASIK menjadi solusi yang banyak dipilih karena telah terbukti keampuhannya. Meski demikian, biaya LASIK mata tak jarang membuat mundur calon pasien yang sedianya akan menjalani operasi LASIK.

Saat ini biaya operasi LASIK terentang dari belasan hingga puluhan juta rupiah. Kabar baiknya, operasi LASIK sudah bisa dilayani klinik mata di Indonesia.

Tak perlu terbang ke Singapura atau negara lain untuk mendapat pengobatan LASIK. Walhasil, biaya operasi LASIK menjadi lebih ringan lantaran tak perlu keluar biaya transportasi dan akomodasi ke mancanegara.

Tapi biaya LASIK mata masih terbilang tinggi untuk beberapa kalangan. Belum lagi risiko yang menghantui karena operasi LASIK menyasar mata, yang merupakan organ penting dalam kehidupan sehari-hari.

Karena itulah perlu perhitungan matang sebelum memutuskan menjalani operasi LASIK. Berikut ini pro dan kontra LASIK mata sebagai pertimbangan untuk membuat keputusan.

1. Pro: LASIK Cepat dan Aman

Secara umum, prosedur operasi LASIK memerlukan waktu rata-rata 20 menit di dalam ruang operasi hingga selesai. Pe-laser-annya saja hanya butuh sekian detik. Pasien tak akan merasakan sakit seperti yang dibayangkan saat menjalani operasi ataupun dirawat inap.

Perangkat keamanan pun mendukung LASIK mata yang dijalankan oleh klinik profesional. Mata pasien akan dirancang tidak membuat gerakan kedipan secara refleks yang membahayakan saat operasi LASIK berlangsung. Laser pun akan otomatis mati jika sensor mata tidak akurat.

2. Kontra: Tidak Semua Orang Bisa

LASIK adalah mekanisme pengobatan yang lazimnya dijalankan pada orang berusia 18-40 tahun. Sebab, kornea mata orang pada usia itu lebih bisa diobati secara permanen.

Mereka yang berusia di atas 40 tahun, misalnya, lebih rentan mengalami presbiopia atau berkurangnya kemampuan penglihatan karena usia yang menua. Sedangkan kornea mata orang berusia kurang dari 18 tahun rentan berubah sehingga LASIK hanya akan menjadi solusi sementara. 

3. Pro: LASIK Langsung Mujarab

Pasien LASIK mata bisa langsung mengetahui perubahan pada penglihatannya sesaat setelah operasi. Mata akan melihat dengan jelas meski masih ada ganjalan.

Hasil maksimal baru akan didapatkan dalam beberapa jam seusai operasi LASIK mata. Adapun aktivitas normal bisa dijalankan dalam waktu paling lama 2 x 24 jam. Tak perlu menunggu waktu berminggu-minggu untuk memulihkan diri.

4. Kontra: LASIK Dapat Menyebabkan Efek Samping

Tak ada prosedur operasi tanpa risiko. Namun risiko temporer seperti mata kering bisa diatasi dengan tetes mata. Risiko lain adalah muncul lingkaran cahaya atau halo. 

5. Pro: Tak Perlu Lagi Kacamata atau Soflens

Salah satu faktor orang memutuskan menjalani operasi LASIK mata adalah tak mau lagi bergantung terhadap kacamata dan/atau softlens. LASIK adalah prosedur yang tepat untuk tujuan itu. Sebab, operasi LASIK mata akan memperbaiki bentuk kornea secara permanen.

6. Kontra: LASIK Belum Ditanggung Asuransi

Biaya operasi LASIK yang tinggi membuat banyak orang bertanya, “Apakah ada asuransi yang menanggung LASIK?”

Jawabannya tidak. Baik BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) maupun perusahaan asuransi swasta tidak menanggung LASIK. Pasalnya, LASIK bisa dibilang tidak memiliki sense of urgency, tidak wajib dilakukan. Pasien tidak mendapat bahaya jika tidak melakukan LASIK.

Kesimpulan

Di Indonesia, biaya LASIK mata yang tinggi telah diikuti dengan tersedianya alat-alat modern dan dokter-dokter yang profesional serta bersertifikat. Klinik mata KMN EyeCare adalah salah satu contohnya.

Klinik yang kokoh berdiri sejak 2004 ini telah memiliki beberapa cabang, seperti di Kemayoran, Kebon Jeruk, Jakarta Selatan, Pantai Indah Kapuk, dan Semarang. Klinik yang dulu bernama Klinik Mata Nusantara ini menggunakan peralatan operasi mutakhir dan menjadi pilihan figur publik.

Testimoni selebritas yang pernah menjadi pasien LASIK mata di KMN EyeCare ada di situs serta media sosial klinik tersebut. Testimoni ini menjadi bukti bahwa KMN EyeCare bisa memberikan kepuasan dan solusi untuk masalah mata.

Tersedia pula ruang tunggu yang nyaman dengan makanan ringan, koneksi Wi-Fi, serta playground untuk anak-anak. Konsultasi dokter dan pendaftaran operasi LASIK mata di KMN EyeCare pun bisa dilakukan secara online lewat situsnya.

Dan tak hanya LASIK mata, KMN EyeCare mampu menangani masalah pada retina, katarak, glaukoma, mata juling, retinopati pada bayi prematur, hingga bedah plastik kecantikan mata. KMN EyeCare bisa dihubungi melalui telepon, SMS, ataupun email yang bisa didapatkan di situsnya untuk informasi lebih lanjut.

Info itu termasuk mengenai pro dan kontra operasi LASIK mata yang tersedia di KMN EyeCare, juga tindakan dan biayanya. Calon pasien akan diberi pengetahuan untuk mempertimbangkan apakah perlu menjalani LASIK mata demi meraih penglihatan yang kembali normal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s