Belajar Mencintai Kehidupan di Future Park Jakarta

Kadang rasa sayang dan gemas kita pada makhluk hidup ternyata malah menyakiti mereka. Begitulah kira-kira salah satu pesan yang aku tangkap ketika berada di Future Park Jakarta.

Future Park Jakarta (@futureparkjakarta) adalah pameran seni interaktif yang digelar di mal Gandaria City Jakarta. Museum interaktif kayak gini memang lagi hits ya, tapi… Future Park berani menghadirkan karya seni yang lebih sinematik dan keren banget deh!

Gak cuma foto-foto, kita diajak untuk mencintai kehidupan dan menyatu dengan alam.

Pameran interaktif tersebut diberi nama teamLab Future Park and Animals of Flowers, Symbiotic Lives. Yang bikin instalasi tersebut adalah tim teamLab yang memang udah punya nama di industri pameran interaktif. Sebab, karya-karya teamLab udah tampil di berbagai pameran di Australia, New York, Istanbul, dan Helsinki.

Nah, di Jakarta pameran dari teamLab sudah hadir sejak tanggal 20 Juni hingga 20 Desember 2019. Aku udah jalan-jalan ke sana dong~~~ Yuk, simak pengalamanku berkeliling ke lima instalasi kece yang dihadirkan oleh Future Park.

1. Menikmati alam di Animals of Flowers, Symbiotic Lives

future park

Pertama masuk, kita bakal disuguhi pemandangan alam berupa bunga-bunga dan hewan-hewan di lantai dan dinding. Yang menarik adalah ketika aku injek cukup kuat maka hewan-hewannya bakal “pecah” menjadi bunga-bunga.

Oh ya, ada satu ruangan juga yang bakal menampilkan paus besar yang aseli berasa magic banget.

2. Dekat dengan hewan-hewan di Graffiti Nature: Lost, Immersed and Reborn

Lanjut ke ruangan berikutnya, aku melihat penampilan hewan-hewan berjalan di dinding instalasi. Hewan-hewan tersebut ditampilkan dengan bunga-bunga yang “membangun” tubuh mereka. Terus, kalau kita sentuh terus-menerus maka hewannya bakal hilang menjadi bunga-bunga beterbangan.

3. Seluncuran di Sliding through the Fruit Field

Terus lanjut ke instalasi berikutnya, ada Sliding through the Fruit Field. Sesuai dengan namanya, kita bakal diajak main perosotan. Tentu saja, perosotan kekinian. Hehe. 

Sumvah! Aku tuh sebenernya takut main perosotan, lho. Meskipun perosotannya kecil sekalipun. Benar saja, perosotan satu ini bikin aku bener-bener jantungan. Soalnya lumayan tinggi dan curam. Tapi, aku beranikan coba. Sayang aja udah ke sana tapi gak coba merasakan pengalaman naik perosotan yang beda banget gini.

Sooo… Pas aku meluncur dari atas ke bawah, bola-bolanya bakal berhamburan dan bermetamorfosis menjadi bunga atau buah. Instalasi satu ini memberi pesan mengenai alam yang butuh matahari (di sini dilambangkan lewat kamu yang meluncurkan ke bawah), kemudian bola-bola melambangkan air, dan benih-benih yang disentuh akan tumbuh.

Pengalaman yang luar biasa banget. Kamu harus banget cobain perosotan satu ini. Oh ya, aman kok, karena ada bantalan di bawahnya. Jadi gak perlu takut kenapa-kenapa.

Nanti aku update ya videonya, biar lebih jelas.

😀

4. Light Ball Orchestra bikin mengenang masa kecil

future park jakarta

Selesai dag-dig-dug di seluncuran, aku cus ke Light Ball Orchestra. Ruanganya cute banget karena diisi oleh bola-bola gede warna-warni. Kalau kita sentuh salah satu bolanya maka bisa mengubah warna bola-bola lain, terus ada suara-suara gitu. Jadi, orkestra gitu deh.

5. Berkreasi di Sketch Aquarium

future park teamlab

Ini dia salah satu ruangan yang paling aku suka. Kita diajak buat mewarnai gambar-gambar hewan laut yang disediakan. Terus, kamu kasih deh ke petugas buat di-scan gitu. Nanti, hasil gambar kamu bakal tampil di instalasi aquarium. 

Aku gak tahu kan kalau ternyata harus bold gitu biar kelihatan di layar. Jadilah hasil warnaku kurang outstanding. Tipsnya, pilih gambar yg lumayan gede dan gambar dengan warna mencolok. Salah satu gambar yang paling mencolok adalah gurita kayak punya Mba @nunikutami.

Tertarik buat ke sana?

Ingat beberapa hal ini ya:

  • Tiket masuk Rp150 ribu (weekdays) dan Rp175 ribu (weekend). Tapi, kalau kamu punya kartu kredit BCA bakal ada diskon menjadi Rp135 ribu dan Rp150 ribu. 
  • Pesan di situs www.sgelive.com. Atau, pantengin Instagram @futureparkjakarta.
  • Setiap pengunjung punya waktu 1,5 jam per sesi. Sebagai informasi, ada 8 sesi untuk masuk ke Future Park dan ada batas maksimum pengunjung per sesi tersebut ya. Jam buka dari jam 10 pagi sampai jam 10 malam.

Yuk, cus~~~ 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s