Women’s Talk Liputan6: MSG Nggak Bikin Kanker Payudara

Judul di atas hanya sepenggal dari sesi tanya-jawab di sebuah acara bertajuk “Sharing is Caring: Breast Cancer Awareness”. Diselenggarakan oleh Liputan6 dalam program Woman’s Talk. Acaranya sendiri bertempat di Locanda Food Voyager, Senayan, hari Sabtu lalu (31/10). Oleh karena tempat makannya, eh, maksudnya topiknya – aku pun terhipnotis untuk ikut daftar ke Kak Ani. Mumpung gratis pula buat blogger! Buat umum bayar HTM Rp 50 ribu lho.

Seneng banget diajakin ke acara ini. Bersama beberapa blogger – kita dapat banyak wawasan mengenai kanker payudara, plus bisa tanya-tanya juga. Anyway, sorry for the late post ya.

Bertemu Komunitas CISC

Acaranya dipandu Mbak manis aku lupa namanya, hehe, bersama narasumber Dr. Alfiah Amiruddin, MD, MS dan salah satu pentolan komunitas CISC. Komunitas CISC adalah akronim dari Cancer Information Support Center. Jadi, mereka yang bergabung adalah para cancer survivors. Mereka yang pernah terkena penyakit kanker payudara, sembuh dan sekarang masih hidup (tetap berjuang pula untuk tidak kena lagi).

20151031_151145[1]

Sesi awal dimulai dengan penjelasan dari Ibu Dokter dan kemudian sharing dari Mbak Uniqo sebagai ketua CISC. Ada sesi tanya-jawab. Eh iya, dari sesi tanya jawab, ada yang menarik yang aku dapet.

“MSG nggak bikin kanker payudara!”

Sebagai anak kos-kosan yang nggak punya dapur, plus ada makan siang pula dari kantor – bikin aku nggak punya pilihan lain, kan? Di sesi tersebut ada pertanyaan mengenai makanan-makanan apa saja yang perlu dihindari. Ibu dokter pun menegaskan sesuatu yang amat penting, yang aku simpulkan berikut ini:

Makanan bukan penyebab kanker payudara. Toh kita bukan tiap hari makan ayam tiga kali sehari, kan? Moso terus-terusan makan sate? Ngga ada pantangan, termasuk MSG. Kita nggak bisa lepas dari MSG. Hanya saja… Nah, ini dia poin pentingnya: Keseimbangan dan tahu kadarnya.

🙂

Pemeriksaan akan potensi kanker payudara juga penting. Makanya ada yang namanya SADARI (Periksa Payudara Sendiri) yang disarankan dilakukan sekali sebulan. Kemarin itu kami ditunjukin 2 video menarik mengenai cara SADARI dan kanker payudara. Sayang, aku belum temukan di online, kemarin lupa dikasi link-nya.

20151031_145259[1]

Nah, kemudian, ada sesi grup diskusi. Kami dibagi jadi beberapa grup gitu dan aku kebagian grup diskusi 1. Bertemu dengan survivor selama 36 tahun, Mami Rosalinda. Beliau yang sudah lanjut usia bukan hanya pernah mengidap kanker payudara tetapi juga parkinson dan beberapa penyakit lainnya. Tapi, wow! Beliau cerita dengan semangat, senyum dan tertawa. Mami Ros punya quote yang keren banget buat kalian yang mengidap gejala atau penyakit kanker payudara:

Jangan KUSEM – Jangan Kurang Senyum, Jangan Kurang Semangat!

=))

This one made me smiling too. Tahukah kamu, umumnya, penderita kanker payudara atau kanker lainnya meninggal, justru bukan karena kanker itu sendiri. Malah, faktor seperti stres dan depresi yang turut berperan besar. Faktanya, penyakit kanker payudara tidak semenakutkan kita kira. Asal ditangani lebih cepat maka pengobatan bukan hal mustahil. Oleh karena itulah, Cancer Club CISC ini hadir di tengah masyarakat, khususnya mereka yang menderita kanker payudara untuk kasih support dan knowledge. Iya, karena nggak jarang masih ada aja simpang-siur mengenai kanker payudara. Mulai dari mitos-mitor penyakit tersebut sampai dengan pengobatan-pengobatan nggak jelas.

Anyway, sebagai informasi saja, tidak hanya wanita lho yang bisa terkena kanker payudara. Pria juga. Memang persentasenya kurang dari 1%. Di Indonesia ada, salah satunya Mas Willy yang juga hadir di acara tempo hari.

Blogger-blogger yang ikut Women’s Talk.

Thanks anyway buat Liputan6 yang sudah bikin acara bagus dan mengundang kami. Thanks juga kepada para cancer survivors yang sudah mau berbagi cerita kepada kami, yang rentan terhadap kanker ‘paling umum terjadi’ ini.

Kamu mungkin suka tulisan ini!

6 Comments

    1. Iya nggak bikin kanker, bukan penyebabnya. Tapi kalau kebanyakan juga sama aja pola makan kita ga sehat. Kalau pola makan nggak sehat, itu artinya kanker payudara bisa jadi dipicu. 😉

  1. Jangan Kusem, eaaa langsung saya semyum atuh dan bahagianya pagi ini mendapatkan quote keren itu.

    Jadi mari kita semangat dan tersenyum, Inza Allah menjadi positif terus hidup kita ya. TFS Mbak

Leave a Reply