Tips Menjadi Anak Kost, Ini Caraku Tetap Sehat!

Satu hal yang cukup paling dihindari oleh anak kost adalah jatuh sakit! Terlebih lagi kalau harus menginap di rumah sakit. Duh! Thank God, seumur-umur hidup aku belum pernah di-opname di rumah sakit dah. Nggak tahu kalau dulu waktu masih balita pernah apa kaga, secara kan lupa yak. Haha. Mungkin badan ini sadar kali, ya, sebagai anak kost yang hidup sendirian akan bahaya kalau sampai sakit.

Padahal biasanya yang cukup menjadi incaran serangan penyakit itu adala kost. Jujur ajalah, makan anak kost itu bisa nggak teratur, suka begadang dan beberapa kebiasaan lainnya. Aku juga kadang begituh. Tapiii… Ada beberapa tips menjadi anak kost yang cukup bantuk aku tetap sehat. Apa sajah?

Tips Menjadi Anak Kost a la Helda

  1. Tempat kost itu menentukan loh

Tempat dimana kita nge-kost itu sangat menentukan. Pola hidup sehat akan bisa dimulai kalau kita pilih tempat yang kost yang juga “sehat”. Misalnya saja, lingkungan kost yang bersih termasuk juga ruangan kamar yang masih bersih serta sirkulasi udara yang baik. Pastiin kost yang akan kamu tempati mendapatkan sinar matahari yang cukup. Ini karena biasanya kost yang mendapatkan pencahayaan yang baik akan tidak lembap gitu. Seger dah pokoknya!

Oh ya, nggak lupa, pastiin air di kost incaran kamu punya aliran air yang lancar dan bersih juga.

  1. Jangan malas makan!

Aku ngga bilang harus masak sendiri, ya. Nggak dipungkiri deh kita kadang nggak punya waktu lagi buat masak. Iya sih masak sendiri itu emang paling bagus. Tapi, menurut aku sendiri adalah nggak malas makan itu paling penting.

Dulu ada temen aku yang bilang gini: “Tahu nggak kenapa Helda hampir nggak pernah sakit? Karena dia nggak males makan!”

Hahahaha. Antara miris dan ketawa juga, sih. Badan aku jadi subur gini juga karena kesukaanku terhadap makanan. Tapi, bener! Aku hampir nggak pilih-pilih makanan dan nggak nunda buat makan kalau jadwalnya makan. *laper apa maruk makan yak*. Mungkin itu juga faktor yang bikin jarang sakit.

Tapiii, emang, kalau bisa sesekali coba sediakan waktu untuk masak sendiri, ya! Kalau bisa pilih kost yang ada dapurnya – jangan kayak aku yang nge-kost di tempat yang nggak ada dapurnya. Hehehe. Tapi, aku biasanya ngakalin dengan sediakan tempat masak portabel gitu. Ada tuh merek Maspion, kayak panci listrik gitu. Ya, buat rebut telur ataupu sekadar rebus sayur bisalah.

  1. Jaga kebersihan

Aku pernah nulis di blog CuapHelda ini tentang “jadi wanita yang bersih”, kalau aku ituh rutin ngebersihan kosan. *narsis* Nggak ribet, kok, ngebersihan kost. Udah pernah denger juga kan bahwa bersih pangkal sehat? Hehehe. Kalau kamar kita nggak bersih, lama-kelamaan pengaruh ke kesehatan kita. Contohnya: ada banyak nyamuk, kecoa *uhhh*, atau kerasa lembap gitu deh. Nggak enak banget. Kadang pas lagi males banget gerak, kamarku emang kadang kayak kapal pecah – tapi aseli itu nggak enak banget. Jadilah, aku tetep akan usaha buat ngebersihin walau dicicil.

Waktu pulang kerja, aku biasanya selalu pake waktu 5 sampai 10 menit untuk paling nggak sapu lantai kamar aku. Trus, kalau ada piring bertumpuk – ya, sebisa mungkin cepat-cepat dicuci. Nggak enak banget baunya apalagi kalau bekas masak-masak.

Salah satu peralatan bersih-bersih yang aku sediain (walau ngga punya dapur) adalah sabut cuci piring! Pilihanku jatuh ke sabut Scotch Brite. Sebenernya nggak cuma sabut aja. Bahkan, sapu dan kain pel juga dari Scotch Brite. Hehehe. Lihat, nih, paket Scotch Brite yang aku punya! Sempet bingung mau beli Scotch Brite apa kagak, tapi akhirnya jadi juga. Agak mahal sih tapi worth it karena 3X Cepat Bersih, 3X Tahan Lama.

Scotch Brite
Scotch Brite

Sebagai informasi saja, sabun spons dari Scotch Brite itu ada tiga kalau nggak salah. Ada Sabut Spons Hijau Scotch-Brite untuk mencuci alat masa dan Sabut Spons Anti-Gores Scotch-Brite untuk mencuci alat makan dan alat masak teflon/anti-lengket. Ada juga sabut untuk peralatan makan bayi gitu kalo nggak salah. Nah, aku pakai dua sabut Scotch Brite yang aku sebutkan. Ini karena sabut mengandung serat dan mineral berkualitas dan sabut dibuat dengan teknologi yg ampuh membersihkan kotoran. Jadinya, hasil cucian lebih bersih.

Biasanya, alat-alat makan yang aku punya aku taruh dalam baskom gede. Kalau aku bener-bener nggak sempet untuk cuci di hari itu juga, peralatannya aku siram air biar nggak lengket. Biar gampang disabut, kan, ya! Piring jadi bersih tanpa sisa-sisa makanan dan berbau. Trus, tinggal dibiarin kering dulu lalu dimasukin ke dalem lemari. Bersih!

Scotch Brite
Scotch Brite

Gampang, kan, tips menjadi anak kost inih? Hehehe. Semoga kita-kita anak kost tetep bisa sehat selalu, yak! Sediakan waktu untuk jaga kebersihan, kesehatan, makan atau bahkan olahraga. Eh, anyway, aku udah mulai olahraga rutin juga sekarang. #eh

😛

Kamu mungkin suka tulisan ini!

Leave a Reply