Sesibuk Apapun, Jadilah Wanita yang Bersih

wanita yang bersih

Kalau kalian lihat foto di atas, apakah kalian akan menyangka kalau ternyata rumahnya atau kamarnya seperti kapal pecah. Baju kotor dan bersih yang berhamburan di kamar bahkan di luar kamar sampai-sampai nggak tau lagi mana yang bersih dan kotor. Jemuran yang tidak diangkat berminggu-minggu. Kamar mandi yang tidak disikat hingga berbulan-bulan. Lantai berdebu jarang disapu dan bahkan kulkas isinya mungkin makanan-makanan yang sudah busuk.

*Foto di atas hanya ilustrasi. Xixixi.

Namun, faktanya, ada cewek-cewek cantik dengan pakaian modis semodis-modisnya, tubuhnya bersih dengan kulit mulus, rambut tertata rapi dan harum parfum semerbak – ketika loe inspeksi mendadak kamarnya… Eng ing eng! Sorry to say, loe bahkan bisa muntah, persis seperti penjelasan di awal. Aku sendiri jadi saksi ‘bisu’ mengenai ‘fenomena’ ini.

Beberapa wanita tersebut berkelit bahwa mereka ‘sibuk banget’.

Hey, kita semua adalah orang sibuk. Bukan hanya kamu saja. Aku juga sibuk. Menempuh perjalanan lebih dari hampir sejam setengah ke kantor setiap Senin-Jumat. Tapi aku punya jurus ampuh untuk tetap jaga kerapian kamar. Di tulisan kali ini, aku bukan mau menyombongkan diri, aku cuma ingin berbagi ‘ini lho beberapa tipsnya’. Kita bisa saling sharing di sini. Terkadang kamarku juga berantakan karena memang benar-benar-benar sibuk. Tapi memang tidak seberantakan gambaran di awal artikel ini. *ngikik*

Tips Jadi Wanita yang Bersih

Meski sesibuk apapun, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk tetap jaga rumah atau kamar kos tetap rapi dan bersih. Pikirkan saja, kamar yang sudah kita bersihkan saja tidak bebas dari virus, kuman dan bakteri, apalagi kalau kamar kita benar-benar kotor? So?

  1. Sisihkan 10-15 menit sesampainya kamu di rumah, atau di pagi hari sebelum berangkat.

Rumah atau kamar kos, meski sudah dibersihkan kemarin hari pun, pasti ada saja yang bikin berantakan. Debu juga setiap hari akan muncul walaupun kemarin kita sudah bersihkan. Jadi, coba deh sisihkan waktu 10 sampai 15 menit untuk bersihkan kamar kos atau rumah. Khususnya anak-anak kos, mereka sebenarnya lebih mudah lagi karena ruang yang dibersihkan ‘hanya’ sepetak kecil. Nyapu cuma sebentar kok dan nggak kotor-kotor banget sehingga bikin kita repot kan? So, masih ada alasan itu kamar berdebu dan kotor banget karena sibuk?

  1. Kurangi chatting atau teleponan

Mengobrol nggak dipungkiri bisa menghilangkan sedikit kejenuhan karena aktivitas yang padat seharian. Tapi kalau sehabis berakvitas seharian kamu malah lebih memilih chatting dan bertelepon ria nggak kenal waktu, yang terjadi adalah kamu ngga punya waktu sama sekali untuk beres-beres kamar.

Masa ngga cukup udah makan malem bareng pacar dan dianterin sampe rumah? Eh masih harus teleponan lagi sama pacar setelahnya, bahkan sampe berjam-jam. Ntar pacar mikir lho, ini cewek apa ngga ada kerjaan ya! Haha.

  1. Weekend waktunya untuk bersih-bersih total

Selama seminggu kita bisa hitung sendiri berapa pakaian yang sudah kita kenakan. Apalagi mereka yang adalah karyawan. Mungkin ada beberapa peralatan makan yang nggak sempat dibersihin. Selain itu, lantai kamar juga nggak cukup kan cuma disapu doang? Pasti ada beberapa kotoran dan debu yang harus dipel dulu baru bersih. Eh, jangan lupa spreinya sama sarung bantal diganti, hihihi. Oiya, kamar mandi juga harus disikat ya biar bersih dan nggak licin. Plus, kalau mau kamar terasa fresh lagi, yuk, sisihkan waktu untuk dekor ulang. Nah, semuanya ini bisa kamu lakukan di weekend.

Wah, aku ada janji di weekend ini bakal hang-out bareng temen-temen. Minggu aku juga harus sibuk kegiatan ibadah.

Hmm, ya, bangun pagi dong, Girls! Meski weekend nggak juga harus bangun siang kan. Bangun jam 5 pagi, aku pikir 2 atau 3 jam cukup banget untuk beres-beres. Apalagi kalau petak kecil kamar kos. Nggak ada alasan deh buat kita. Coba deh lihat Ibu-ibu yang bekerja sekaligus jadi ibu rumah tangga, mereka masih bisa jaga rumah tetap bersih dan rapi.

Prinsip ini juga berlaku bagi rumah-rumah yang dari depan dan di bagian ruang tamunya terlihat rapi tetapi ketika masuk ke dapur dan bagian belakang, hmm… Naas! Aku nggak bisa bilang lagi deh.

Apa yang bisa kita pelajari? Kebersihan kita harusnya bukan sekadar untuk show-off ke orang-orang. Bukan hanya tampak di luar saja. Kebersihan seharusnya jadi bagian dari diri kita. Toh yang dapat manfaat adalah diri kita juga kan, ya syukur-syukur orang lain juga dapat manfaat.

Jadi, mulai sekarang, jangan ada dalih “sibuk banget” ya. Kalau kamar kamu nyaman, kamu pun ngerasa nyaman dan sehat. Orang juga bakal nyaman ketika bertamu. Pacar kamu beruntung banget dan ketika kelak jadi suami kamu bakal ikutan bersih juga. *You know lah cowok itu biasanya berantakan, jadi siapa yang ngajarin dia kelak?*. Anak-anak kamu juga bakal meneladani kamu, generasi selanjutnya akan punya bekal ‘kebersihan’. Mertua nggak akan ngoceh-ngoceh karena tahu anaknya diurus dengan baik sama kamu. Lingkup lebih luas lagi juga akan semakin bersih karena masing-masing orang jaga kebersihan. Wah, what a beautiful and clean world!

Semuanya bermula dari hal yang kecil kan? Juga kalau ngga dimulai dari sekarang, kapan lagi?

Kamu mungkin suka tulisan ini!

19 Comments

  1. hai…………….. beneran, beneran, beneraaaan ada orang kayak gitu… dulu waktu aku masih ngekos ada cewek macam gitu.. gilek cantiknyaaa tapi kamarnya ampun dah…..

    kalau aku sendiri kalau mau pergi selalu memastikan kamar tdk berantakan,, baju kotor udah ada box tempatnya sendiri….

    jd kalau plg udah capek bgt lelah tinggal slonjoraaann…..

    dan akhir pekan waktunya buka box baju kotor dan waktunya jd inem heheh

  2. Ya ampuuun ini makjleb bangetttt….berasa tertampar aku. Kamar sih alhamdulillah kesapu, baju kotor juga gak ada. Cuma barang bergeletakan di mana2,jadi kesannya berantakan. Huhu dan tiap kali rapi diberesin, 30 menit kemudian udah pindah tempat sama krucil…
    Jadi tsurhat aku hahahaha salam kenal yaaa

  3. haaaa…aku banget, rumah berantakan dan ga rapi blas. Apalagi ada krucil, suka berantakin, tapi emang sih jujur aku ga bisa rapi banget, ngepel kalo malem paling. Weekend waktunya keluar rumah, malah tambah ga sempet bersih2, berangkat pagi, jalan2, nyampe rumah malem, kecapekan, hehehe. Tapi boleh dicoba tips lainnya. Thanks.

  4. Curhat soal aku yg tinggal di rumah mertua yg rumahnya super jorok. dan juga adek ipar cewek yg belom menikah beuuuuuuh Joroknya minta ampun. Ada Musang ada kucing di rumahnya naik kasur lah naik tumpukan baju lah…dih bulunya kemana2 untung kamar kita di atas…gimana ya karakter cewek yg tidak peduli kebersihan kamar yg penuh foto2 artis Korea di tembok, buku2 baju2 berantakan, pembalut habis dipake pun ada di pojok pintu, rumah bau kotoran hewan. Belom lagi mulutnya suka bentak2 suamiku. Au ah gelap

Leave a Reply