Penipuan Skema Ponzi, Keuntungan Awal Memang Menggiurkan!

“Tante ditawarin bisnis. Jadi bisnisnya itu kita deposit uang sekian, nanti kita bisa dapat keuntungan 15% 2 minggu, alias 1% per hari. Rencananya mau masukin 10 juta aja, kan lumayan 2 minggu, gak kerja, bisa dapat 11,5 juta. Bank aja nggak bisa kasih bunga segitu. Paling cuma 2%. Tante kemarin masukin 200 juta ke BCA, nggak bisa dapet segini banyak. Temen Tante udah dapet dari bisnis ini, dia kemarin kasih lihat Tante.”

“Bisnis apa namanya, Tante?”

“Promonestititblablabla.. Bisnisnya udah ada ijin pemerintah, ada badan hukumnya, jadi kalau kenapa-kenapa kita bisa tuntut. Blablablaa… (aku udah gak denger lagi).”

“Oh, produknya apa?”

“Ada tiket pesawat, pulsa dan banyak lagi. Udah kerjasama dengan Indomaret, Alfamart.. Tapi kita nggak perlu jalanin bisnis itu, cukup masukin uang aja udah dpt 1% per harinya!”

“Oh…”

“Promonesia ini kayak OLX. Jadi kayak situs jual beli gitu. Sekarang apa-apa harus online makanya Tante pakai kuota unlimited di hape. Kemarin aja Tante bikin iklan di OLX utk private piano langsung dapet murid.”

Dst…

***

Aku nggak komentar banyak waktu perbincangan itu berlangsung. Kebetulan nggak deket juga sama si Tante. Kebetulan juga aku baru denger nama Promotititblablabla itu. Kalau nanti aku bicara banyak, ntar dia malah nganggep aku ngga suka dia dapat rezeki.

Iya, memang benar, bisnis-bisnis seperti itu awalnya memang ‘menguntungkan’. Tapi kita patut pertanyakan, halal tidak sumber keuntungan seperti itu? Karena sebenarnya ibaratnya kita ngambil uang orang, ini karena dalam bisnis seperti itu kita harus rekrut orang supaya bisnis tetap berjalan. Yang kasihan ya orang di bawah. So?

Charles Ponzi, 1882 – 1949

Masih Ada Saja yang Kena Penipuan Skema Ponzi

Mungkin sebagian dari kamu sudah tahu apa itu skema ponzi. Istilah ponzi ini diambil dari nama pencetus ini sendiri, seorang penipu paling lihai di dunia deh pokoknya! Nama Charles Ponzi. Dalam skema ponzi, keuntungan yang diberikan ke investor sebenarnya adalah uang sendiri dan uang investor selanjutnya. Jadi, ya begitu terus. Arisan berantai. Kamu mungkin sudah nggak asinglah ya dengan wara-wiri MMM yang menyebalkan itu.

Kembali ke perbincangan yang lebih tepatnya sih monolog dari si Tante. Setelah aku searching tentang Promotititblablabla, itu situs ternyata bagian dari Drim por Pridom, sebut saja D-Empat-F. Okay, another ponzi scheme but with a lil different packaging! Dari awal waktu si Tante cerita, aku udah yakin ini penipuan skema ponzi banget. Dari mana coba investasi bisa kasih keuntungan 15% dalam waktu 2 minggu dengan ongkang-ongkang kaki. Yah, beda bahasa doang. Kalau dulu MMM pakai bahasa keuntungan 30%, nah di D-Empat-F ini pakai bahasa 15% dalam 2 minggu alias 1% per hari.

Plus, sedikit inovasi dari skema ponzi yang mengusung isyarat jari angka ‘4’ ini – mereka bikin situs kayak situs jual beli. Seakan-akan mereka punya produk. Si Tante di perbincangan itu sempat sebut juga “ini bukan money game”. Tapi, mungkin, Beliau agak tersilaukan dengan lapisan luar dari ponzi yang berupa ‘produk’ itu.

Aku malas jelasinnya panjang-lebar lagi di sini, kamu bisa baca di situs blog ini gimana menipunya ini skema.

Aku hanya bicara dalam hati:

“Ya ampun, masih saja ada yang ketipu beginian.” Seperti yang aku sempat tulis di pertengahan artikel ini: “Iya, memang di awal-awal bisa dapat keuntungan, menggiurkan pula, tapi lihat saja ujung-ujungnya. Lagipula, hati nurani nggak enak juga kan karena ternyata keuntungan yang didapet dari uang yang berputar di situ-situ saja, tinggal tunggu tanggal matinya saja. Yang kemudian bangkit lagi dengan nama baru.”

Bukan soal keuntungan tapi ini juga tentang dari mana uang kita berasal.

🙂

Daripada lihat situs nggak jelas, mending orang Indonesia baca HowMoneyIndonesia.com deh. Atau, cari produk finansial yang cocok sesuai kebutuhan dengan ahlinya, kayak CekAja.com. *bukan promosi*

Ya, biar lebih bijak soal online, lebih melek finansial.

=))

Kamu mungkin suka tulisan ini!

50 Comments

  1. Pokoknya kalo keuntungan udah ngga rasional biasanya mencurigakan atau memang ini money game. Dulu pernah wawancara pengamat investasi, biasanya money game ini duit membernya dipake kalo ngga buat main saham ya diputer gitu2 aja. Duit yang daftar akhir buat dikasih ke yg daftar awal, begitu seterusnya jd direkomendassin sama member awal. Dan member2 akhir biasanya gigit jari karena duitnya udah kepake n tinggal kebagian apesnya…

  2. Saya sih mau share info aja..
    Kalau sebenernya D4F beda dengan skema ponzi atau money game..
    Memang betul profitnya gede bgt.. Begitulah internet marketing, berani kasih profit gede untuk pencapaian yg besar..
    D4F secara system bagus,, tetap muter. karena modal dikunci selama 14 cycle, kurang lebih 7 bulanan..
    Setelah 14 siklus maka member harus join lg utk mempertahankan akunnya..
    dari sini kita bisa liat kalu systemnya muter..
    Sebenernya klo mo dilihat bagus tidaknya, di bulan agustus kemarin, karena pas 7 bulanan, ternyata gak ada masalah sampai skg..
    Bisnis yg gak masuk akal, tp masuk rekening sy sampai skg..
    Beda dengan MMM, dia collapse karena membernya gak percaya, gak ada member baru, dan pada narik dana semua.. collapse lah..
    Owner D4F berani tampil 30 propinsi dan go internasional..
    Investasi bodong hanya akan bertahan 4 bulan paling dgn member 4 ribu paling banyak..
    D4F sudah jalan 11 bulan denga member lebih dari 250rb orang..

    1. penyakit orang indonesia…gak ngerti tapi banyak cuap2nya.sebelum kasih info mbok ya dicari informasi dulu yg bener kayak apa…biar gak keliatan bloon ya admin.gak setuju sama d4f ya jgn join …gak perlu menjudge yg jelek2 laa…malu oiii.bener kata miko ..kalo investasi bodong ngapain ownernya nongolin mukanya di mana mana

      1. Helau kalian Berduaaa!!!!

        Plis ya!!!! BACA NI LINK BAEK BAEK KALO KALIAN BUKAN ORG MALES YG GA BISA BACA ATAU MALAS BACA!!!

        http://www.kaskus.co.id/post/5643618198e31bc2738b456b#post5643618198e31bc2738b456b

        http://www.kaskus.co.id/post/565724d56208813b7a8b456b#post565724d56208813b7a8b456b

        http://www.kaskus.co.id/post/5660339ed44f9fc4548b456b#post5660339ed44f9fc4548b456b

        Isi dari 3 link itu intinya ialah],MUI Bandung MENEPIS Dukung D4F!!!

        -Akhirnya D4F dinyatakan ILEGAL oleh APLI dan Otoritas Jaksa Keuangan!!! MAMAM Lu!!

        -OJK melimpahkan kasus investigasi D4F ke satgas!!

        MAMAM tu bisnis kalian ILEGAL! jangan taunya duit banyak doang! tapi ga pelajari asal-usulnya!!
        Sekali lg kalau otak kalian berdua memang masih berfungsi n ga kebanyakan mimpi di D4F,BACA TU BAEK-BAEEEEK!!!! OKEH!! Website promonesia ama kaskus dr segi ranking n jasa jual beli mah,promonesia KEOOOOKKKK JAOOOOOHHH !!!!!!

        Baca n pakailah OTAK kalian berdua wahai manusia yg berakal!!!

      2. gini gini… sekarang tanya aja deh ke diri kita masing2… sudah lakukan apa aja utk hdp kita. utk keluarga kita.. ga usah pusingin org lain dulu.. org lsin mau nipu mau ketipu.. biarin aja.
        kalau mau KASIHAN kasihan sama diti sendiri dulu
        kalau mau menolong.. tolong diri sendiri dulu.. baru deh ke orang lain..

      3. HAHHAHAHA… 5 BULAN KEMUDIAN DREAM FOR FREEDOM MENJADI OPSI A DAN B, SEKARANG MAQ (MULIA ARTHA QIVES) SEKALIPUN OWNERNYA MUNCULIN MUKA TTP AJA DUIT GA BALIK… SIA2 BELA D4F MATI2AN, UJUNG2NYA DUIT DI MAKAN JUGA..

    2. YANG MERASA ANGGOTA D4F GAK USAH BANYAK CINGCONG DAH GW JG IKUT D4F MODAL GW UDA MASUK 100 JT LEBIH SKRG NUNGGING2 LAH KITA GAN… LU ANGGOTA PASTI TAU PERATURAN D4F YG BARU UDA GA ADA ISTILAH 14 CYCLE LAH 7 BULAN LAH BANYAK BACOT TU… YG ADA SKTG CYCLE GAK TERBATAS KRN KENA INDEX NUNGGING LAH AND BERDOA MODAL AWAL BISA KEMBALI SMUA… SETELAH ITU BARU KITA TOBAT GAN.

  3. Saya sih mau share info aja..
    Kalau sebenernya D4F beda dengan skema ponzi atau money game..
    Memang betul profitnya gede bgt.. Begitulah internet marketing, berani kasih profit gede untuk pencapaian yg besar..
    .

  4. masalah benar salah tentang bisnis online dream4freedom ini biar polisi dan penegak hukum yang menjawabnya dan kita jangan melakukan tindakan yang akhirnya akan merugikan diri kita sendiri. Resiko bisnis udah wajar, jangankan bisnis online bisnis offline juga memiliki resiko yang sama. Bila tidak mau mengambil resiko maka jangan sekali kali menjadi entreprenuer. Pilihan ada ditangan masing masing, mau ikut silahkan mau nggak juga tidak masalah karena yang tidak ikut anda tidak dirugikan sama sekali dan bagi mereka yang ikut dan mendapatkan manfaat tentu akan merasa diuntungkan. Sekali lagi pilihan ada ditangan anda sendiri.

  5. acc ke block email berkali 2 ga di tanggapin sm admin disaranin nunggu 3x 24 jam udah 6x email ( 3×24 jam) ga ada respon….merugikan member dr segi bonus

      1. salah dan benar, untung dan rugi, hidup dan mati, baik dan buruk,…… dan lain-lain. Bukankah lebih baik kita obrol bersama dan sama-sama kita pelajari lebih dalam dengan tanya jawab atau berhitung bersama. Itu akan lebih menyelesaikan masalah tanpa masalah. Janganlah mengangkat sesuatu tapi kita belum mempelajari dan mengetahui secara detail. Trima kasih. Salam Indonesia Raya. Salam Pancasila.

  6. Yg gak percaya sama DF4 itu orang yg gak mau belajar dari kesalahan” sebelumnya… makanya wooyy… pakai otak jangan pakai mata.. lihat uang aja melotot.. segala sesuatunya itu di pahami .. di pelajari.. baru deh boleh coment… JANGAN ANDA TERLEBIH DAHULU MENYIMPULKAN SEGALA SESUATU SEBELUM ANDA TAU APA ITU…..

  7. kok sibuk urusin urusan orang lain? mau nipu mau ketipu.. mau untung mau buntung.. itu bukan urusan kita.
    lebih baik urus hdp kita/keluarga sendiri. berikan yg terbaik utk org2 yg kita sayangi.
    karena anda dinilai atas ucapan.. bukan atas apa yg anda rasakan
    anda bernilai atas apa yg anda lakukan bukan atas apa yg anda pikirkan.

    semangat pagi

  8. Owner D4F ngeluarin buku kok..baca dulu bukux yah mas/mba admin dkk..tapii..ngedapetin bukux agak sush yah..soalx best seller..org2 yg nyari bukux sering kehabisan..termasuk saya yg akhirx dapet juga..hmmm..kalo D4F pux niat nipu..apa bisa sampe segitux yah..??
    Dibaca dulu yaaah bukux..

    1. BACA DAH TUH BUKU AMPE MATA LOE COPOT.
      KLO MUSIM GINI LUMAYAN DEH GEBUKIN PALA LOE KRN STRESS NESIA WEB MAINTAIN TRUSS…
      BONUS DIRUBAH JD REWARD SEGALA LAH…
      TIAP MAINTAIN, MUNDUR SEENAK JIDAT OWNER AJAH HAK MEMBER

      1. Bener bgt tuh dikit dikit maintenance katanya bisnis komunitas kok jdi ponzi wajar dong kami minta euntungan dari modal awal iya kan

  9. Kl utk keamanan uang kita,sdh pasti tidak.
    Tp kl utk mencb dikit2 sih gk ada slhnya,emangnya maen saham tuh aman? Sm sajakan.cm yg itu diakuin n ini …… Semuanya tergantung pd diri kita sendr

  10. mba helda. aku bahagia ditipu promonetiblablala
    uangku tambah banyak
    haram? bunga bank juga haram tetap aja ngambil gaji lewat bank

    1. ooo jd “Promonestititblablabla.” penipuan ea…….., klo shari 1% brrti +100hri=100% donk, pntesan tmnku pinjem uang 10j dlm 4bln, kmudian dikembalikan 11jt(tdk dlm prjanjian), malah skrng jd rubi ktnya, modal dah balik…. tinggal tunggu bonusnya…….

      EMANG TANTENYA YG DITIPU DIMANANYA…..??
      EMANG TANTENYA YG DITIPU DIMANANYA…..??
      jwb ea biar ak gk kena tipu……

      “AKAL MANUSIA TERBATAS”

  11. ahaha… ember-ember ngenes langsung nyerbu kesini.

    pada belom sadar juga kalo duit ente ditilep si fili mustaqin buat bayarin liburan so called “DEAR LEADER” ke Eropa?

    hahahahahahaha….

    selamat NGENES DAN RASAKAN!

  12. DIIIIAAAAMMMM INI GW ANGGOTA D4F GAN DANA GW UDAH GW SETOR HAMPIR SERATUS JUTA GW MESTI NUNGGING2 SEKARANG GAN…

    NIH YA GW KSH INPO

    Bonus pasif/ bagi hasil baru di widrawalkan antara hari 17-30 (gak diksh waktu yg pasti bisa 17 hari spt biasanya tp kalo lg apes ya bisa smpe 30 hari…).
    >
    > Bonus pasif dikenakan index 5-15% tp modal tetap akan balik 2x lipat… sampai saat ini d4f sudah beberapa kali mengeluarkan peraturan baru. Apakah yakin peraturan pengembalian modal akan terus 2x lipat. Ntar berubah lagi bisa 1.75x bisa 1.5x bosa 0.5x atau mungkin ZONKKK
    >
    > Coba kita belajar berhitung dulu…
    >
    > Anggap saja saya cuma ikut 1 akun platinum 10 juta… dan saya memang tidak berniat cari anggota. Artinya saya hanya dapat bonus pasif/bagi hasil
    >
    > Uang saya 10 juta akan menjadi 2x lipat = 20 juta.
    > Bonus pasif setiap 15 hari x 10jt x 1%= 1.5 jt
    > (Tiket gak usah dihitung krn pasti dikembalikan utuh/ tidak di kali index)
    > Ternyata bonus pasif kena index paling rendah 0.3 (0.3 itu dari index paling rendah 5% dibagi index paling tinggi 15% hasilnya 0.3) = akhirnya gak dapet 1.5 juta tp cuma dapet 450rb
    >
    > sekarang anggap saja index selalu lemah
    > berapa lama uang akan kembali? 20 juta dibagi 450rb = +/- 44 cycle (artinya hrs melalui 44 cycle x 17 hari = 748 hari atau sekitar 24 bulan atau 2 tahun) dan catatan lagi itupun kalo 1 cyclenya 17 hari padahal peraturan baru widrawal antara 17-30 hari… bagaimana kalau widrawal molor 30 harian ya 44 cycle x 30 hari = 1320 hari atau 44 bulan atau 3,6 tahun… belum kalo ada libur perbaikan sistem lah, libur natal, hari raya dll… (sangat jauh dari komitmen di awal cuma dilalui dalam 14 cycle atau 7 bulan hehe)
    >
    > Singkatnya… jadi cycle yg ditempuh paling cepat 14 cycle atau 7 bln kalau widrawalnya tiap 17 harian (dan itu kalo index nya ada di angka 15/15 atau index 1 terus … ini harapan semua anggota ya amiin…) kalau index naik turun kemudian jangka waktu widrawal yg tidak menentu yah bisa di analisa sendiri spt di atas.
    >
    > Hitung-hitungan seperti ini tidak ada penjabarannya di dalam web d4f hanya sekedar penjelasan teknis berapa lama harus SD, berapa prosentasenya, time limit dll.

    Malah sekarang adalagi bonus jika meng klik iklan katanya sih kerjasama dengan google adsense…

    Gak gampang2 si mbah google akan approve dan ngucurin dana ke orang2 yg cuma klik2 doang ngerti gak sih cara maen gogle adsense tuh gmn…lu hrs register akun GA dulu hbs gitu lu hrs bikin blog dan atau bikin satu web dmn lu hrs upload atau share iklan atau tulisan yg berhub ama blog lu… si mbak akan menganalisis tuh web/blog layak gak di approve utk menjadi GA dan blog/web lu hrs aktif minimal 6 bln. Gak segampang itu gan dpt duit 700rb/3 menit nge klik ngakak gw.

    ADOOH GAN… Gw jg ikutan nesia tp dgn membodohi anggota kek gini kecewa gw..

    1. Saya dulu pemain Google Adsense. 🙂 Dapat kucuran dana lumayanlah dari Google, tapi ya nggak segampang itu juga dapetnya. Itu bukan kerjasama, emang kitanya yg daftar utk jadi publisher Adsense, itu jg kalau di-approved. Syaratnya nggak mudah.

    2. tullll 10000000%%%… saya mulai desember… baru 1x cair bonus di bulan februari 2016 karena DIMUNDUR2KAN karena maintenance yg tiap hari pasti jam 00.00 sd jam 7.00 bahkan bisa baru on jam 10.00.
      sekarang tiba2 gak bisa login lagi karena maintance TANPA PEMBERITAHUAN…di grup team saling BERTANYA2 member2 krn bingung mw transaksi plus DEG2an takut keBLOCK karena system.
      (sudah banyak korban yg keblock krn salah system)

    3. Nih ada org yg pinter. . . Tp qt kok ketipu yaaa pdhl gw jg temenan ama deretan org teratas nesia itu tp ujung ujungnya gw kecewa dan hrus putus pertemanan dgn upline gw ( salah satu sahabat fili muttaqien ) dia ngejebak gw dgn pilihan B itu artinya gw ga berhak mndapatkan sisa hak gw

  13. Ingin dapat duit & penghasilan dengan klik iklan di internet melalui Paid To Click
    Silahkan anda klik link Neobux di bawah ini :
    https://www.neobux.com/?r=robbyvalentino
    Neobux merupakan PTC yang cukup tua usianya. Bisa dibilang dia ini sesepuhnya situs PTC.
    Dan PTC ini terkenal legit dan membayar sejak tahun 2007 lalu.
    Jadi, nggak perlu ragu lagi sama Neobux karena sudah berpengalaman dan reputasinya yang baik
    di dunia PTC.

  14. Promonesia la’natullah memang buatan orang2 sesat.

    Waspadalah di akhir zaman penuh fitnah ini. Penipuan bisnis sudah merajalela dimana-mana.

    Makasih banget tante Helda sudah berkenan membongkar kebusukan Promonesia.

Leave a Reply