Nostalgia Tren Blogger dan Blogosphere Tahun 2008

Di tulisan kali ini aku hanya ingin sekadar bernostalgia…

Kalau inget awal-awal nge-blog, aku bakal sedikit cekikikan karena menemukan diriku ternyata sedikit alay. Begitu juga beberapa blogger lain. Ya, mungkin menurut pandangan sekarang. Tapi, apa yang akan aku bagikan sekarang tidak semuanya alay kok. Hehe.

Aku bukan blogger lawas juga di blogosphere. Mungkin sedikit terlambat untuk kenal dunia blogging pula. Kalau bicara blogger lawas, wah, kita sepertinya harus mundur ke tahun-tahun sebelum 2008. Aku juga kurang begitu tahu. Umm, sama sekali ngga tahu. Kalian mungkin boleh tanya ke Om DV. Beliau adalah blogger yang dicintai para buzzer, sudah bertualang sejak belasan tahun lalu di blogosphere.

Catatan ini hanya berdasarkan pengalaman pribadi dan apa yang aku lihat dan ingat saja ya. Jadi, kalau masih ada yang kurang, sila ditambahkan di kolom komentar.

Tren Blogger dan Blogosphere di Tahun 2008-an

  1. Blogwalking dan cara balas komentar yang unik

Yap! Blogwalking adalah aktivitas yang paling paling paling didemenin pada waktu itu. Seperti ada semacam rules bahwa kita harus berkunjung balik. Iya, sekarang juga seperti itu kok. Cuman.. Dulu itu semacam ada rules yang mengharuskan berkomentar. Demi pertemanan, trafik dan lain sebagainya. Makanya jangan heran kalau satu posting blog bisa punya belasan atau puluhan komentar. Itu mah biasa. Target malah ratusan hingga ribuan komentar.

Anyway, cara balas komentar juga unik. Dulu fitur blog tidak semumpuni sekarang yang ada fitur ‘reply’-nya. Jadi, kalau mau balas komentar yang masuk ke posting, begini caranya:

tren blog 2008

  1. Buku tamu dan blogroll

Setiap blog hampir selalu ada page untuk “Buku Tamu”, jadi mereka yang baru pertama kali datang atau kunjungan balik pertama bisa mengisi “Buku Tamu”. Bukan cuma page “Buku Tamu”, ada juga page “Galeri Foto”, “Lirik” dan lain sebagainya. Ya, itu tadi, mengingat fitur-fitur yang diberikan masih minim. Oiya, ada juga page “Blogroll” atau ada yang langsung pasang “Blogroll” di widget. Isinya kumpulan link-link blog, ada ‘acara’ tuker link gitu deh.

Lihat deh blog-nya Kak @ceritaeka, Beliau masih pakai BlogRoll di widget footer-nya.

  1. Tag dan Award

Kalau Bang Nich bilang sih namanya ‘main ping-pong’. Umm, gimana ya jelasinya. Tag itu semacam posting berantai – kamu bikin posting dengan tema atau daftar pertanyaan tertentu dan kamu harus nge-tag blogger lain. Kemudian, blogger lain itu harus bikin posting lagi sesuai tema yang sudah diajukan.

Lalu, ada award-award-an gitu deh. Prinsipnya hampir sama dengan tag tadi, hanya saja ada banner yang diberikan untuk dipajang. Bahkan, ngga jarang lho pada bangga nampilin banner-banner tersebut di widget-nya.

  1. Perang Blog

Jangan kira perang-perangan hanya ada sekarang ini, yang biasanya sering dilakoni di Twitter. Iya, twitwar yang lagi happening itu lho. Dulu di tahun 2008, perang-perangan di ranah Internet, khususnya blogosphere, juga sangat dahsyat! Bahkan lebih dahsyat daripada twitwar. Ini karena lewat posting blog, kamu harus merangkai kata sedemikian rupa, ngga bisa seenak jidat langsung ketak-ketik di kolom tweet.

Yang paling aku inget waktu itu adalah blog-war Pesta Blogger, dimana ada perseteruan antara yang mendukung dan yang tidak. Lalu, ada juga, blog-war antara Zalukhu vs Joko Susilo (founder FormulaBisnis, yang kala itu dianggap sebagai scam).

  1. Kategori blogger

Memang sekarang ada banyak kategori blogger, ada food blogger, fashion blogger, beauty blogger dan lain-lain. Beberapa kategori blog tersebut dari dulu juga sudah ada. Hanya saja dulu istilah-istilah seperti itu masih jarang. Kebanyakan nge-blog campur-campur. Tapi yang pasti aku ngelihat dulu ada dua kategori yang paling kentara – blogger for money dan blogger ‘umum’. Yang blogger umum bisa jadi memang ada yang fashion blogger, personal branding dan lainnya, termasuk cerita keseharian saja. Menariknya, dulu, kamu bakal banyak ngelihat blogger for money. Tapi mereka bukan tukang review ya, atau nampilin post-post berbayar seperti sekarang. Bukan. Mereka adalah para Internet Marketer atau IM, istilah bagi mereka yang bermain Adsense, Amazon, dan cara cari uang lainnya via blog dan Internet. Blogger-blogger ini sering menampilkan posting tips dan trik seputar blogging for money. Tidak jarang juga ada kok sisipan cerita keseharian.

Mereka jago nulis! Mereka bukan blogger-blogger ‘anonim’ seperti sekarang yang hanya menulis ulang artikel dari topik yang sedang happening di pencarian Google. Mungkin mereka punya ‘ternak blog’ seperti itu (tapi pada waktu itu biasanya blog yang mereka ternakin adalah blog-blog bahasa Inggris), tapi mereka juga punya personal blog.

Sebut saja Isnaini yang dikenal sebagai pembuat theme blogspot, ada Isnuansa yang sampai sekarang masih rajin berbagi soal blogging. Ada kang-tutorial.blogspot.com yang menyajikan tutorial blogspot secara lengkap. Kemudian, ada blogguebo yang sering sharing cara cari uang lewat Internet. Ada CosaAranda yang fenomenal, rivermaya yang masih eksis di Facebook dan lain sebagainya. Mereka adalah ‘artis-artis’ IM dan SEO.

  1. Blogger ‘aneh’, anonim, posting nan nyeleneh dan sooo.. extremely genius!

Kalau kamu pengin cari posting-posting nyeleneh, kontroversial dan extremely genius, sebagai generasi 2008, aku bisa bilang di sini waktunya. Mereka-mereka blogger ‘aneh nan anonim’ ini juga saling blogwalking dan kita-kita juga komentar di blog dia.

Sebut saja, yang aku ingat dulu di WordPress, ada Babaliciou5. Dia blogger atheist, mantan anak Universitas Airlangga, yang ‘melakukan pencarian’ di hutan. Posting-nya kebanyakan dalam bahasa Inggris. Ada Ojrak juga dengan posting English-nya. Anyway, ternyata Ojrak masih nge-blog hingga sekarang di Ojrak.com. Ada pula Nesia.wordpress.com, yang punya Tulang Toga Nainggolan. Aku panggil dia ‘Tulang’, itu panggilan dalam adat-istiadat Batak. Kalau kalian kulik-kulik blog Nesia, kalian bakal nemu beragam posting yang.. kontroversial. Kebanyakan menyinggung agama.

Anyway, mungkin kalian kenal dengan founder Blood4Life, Valencia Mieke Randa. Nah, dulunya, Mbak Valencia lebih dikenal sebagai Silly, anonim, dengan blog-nya SillyStupidLife.

Wah, ada banyak lagi deh! Nggak sanggup sebut satu per satu.

Pastinya tulisanku kali ini banyak kurangnya. Jadi, kalian yang masih ingat dengan tren blog, blogger dan blogosphere di tahun 2008-an, sila sharing di sini ya! Ditunggu cerita-cerita dari kalian juga.

 

 

 

Kamu mungkin suka tulisan ini!

8 Comments

  1. Oohhw gtu ya, kyknya seru dl ya, pertemanan antar blogger kyknya lbh terasa, tuh ada posting berantai dan award segala. kalo skrg udah jarang ya, postingan yg temanya sama skrg biasanya muncul kalo ada reviu berbayar…

  2. hahahaha…

    pas zaman alm. Multiply dulu itu kita naro link temen di blogroll ya santai2 aja. kalau lagi review sesuatu , link do follow atau no follow cantumkan saja tanpa kepikiran rate.

    nge-blog tanpa beban, numpang curhat dan suka aja kalau bisa buat dibaca2 lagi …gitu aja dah hepi…

    nggak ngarep komen, klik like, atau share. apalagi mutung gegara ga dikomen balik. tak ade lah di kamus blog dulu…

    thanks for sharing this nostalgic story, mbak :*

Leave a Reply