Meski Ayah Meninggalkan Aku, Aku Tetap Sayang

Why’d you have to go

Daughter to father, daughter to father

I am broken but I am hoping

I wait for the good Lord to make me feel better

I love you!

-Lindsay Lohan, Confession of the Broken Heart

Kalau banyak orang bilang seorang ayah itu adalah cinta pertama  anak perempuannya, itu benar adanya. Namun, yang namanya manusia pasti bisa berubah. Ntah karena keadaan atau kondisi psikologisnya sendiri.

Tiba-tiba saja sekarang aku teringat lagi akan Ayah, ya, Bapak. Aku biasa memanggilnya Bapak.

Orang-orang sering bertanya: “…kalau Bapak dimana sekarang?” Aku jawab: “Tidak tahu.”

Sudah sejak 2008, Ayah meninggalkan aku, kami. Tanpa kabar, tanpa jejak. Sejak Mama meninggal.

🙂

Akan tetapi, sekarang aku hanya ingin mengingat segala kebaikannya. Segala hal manis yang dia pernah torehkan dalam masa-masa kebersamaan kami.

thunder

Bapak sering membawaku jalan-jalan

Aku nggak akan bisa lupakan hal ini. Setiap Bapak harus berbelanja kebutuhan sepatu-sepatu yang akan dia kerjakan, aku pasti ikut serta. Dia pegang tanganku menyusuri pertokoan, sesekali menggendong aku jika kelelahan.

Bapak sering bercerita bangga tentang anaknya

Ketika menyelesaikan sepatu-sepatu yang dipesan pelanggannya, dia sering bercerita mengenai prestasi anak-anaknya. Memasuki SMP, guru Biologiku yang sebelumnya sering berlangganan sepatu akhirnya mengenalku terlebih dahulu karena cerita Bapak.

Dia sudah berusaha kerja keras untuk anaknya

Walau tidak sebekerja keras Mama, namun setelah Mama meninggal – dia sudah berusaha untuk menghidupi anak-anaknya. Meski, akhirnya, dia meninggalkan kami.

Meninggalkan kami demi seorang wanita lain dan anak-anak barunya.

Namun, aku tetap sayang Bapak. Mungkin Bapak tidak akan baca tulisanku namun aku selalu berharap yang terbaik untuk Bapak.

I wait for the postman to bring me a letter.

Kamu mungkin suka tulisan ini!

7 Comments

  1. Banyak anak yg membagakan seorang ayah. Ayah bagai pahlawan dihidupnya. Anak perempuan yang membanggakan ayahnya.. tapi aku tidak tau gimana rasanya kasih sayang seorang ayah.. kenapa ayah meninggalkan ibu demi wanita lain mungkin cerita itu saja yang ku ketahui sejak umur ku 2th.. ingin sedih dan larut dalam kesedihan tapi aku sendiri gak tau harus menangisi orang yang salah atau tidak..

  2. Rasanya sulit mencari motivasi hidup saat semuanya hancur, kenapa papa lebih memilih bersama perempuan lain sedangkan sudah lama bersama dengan mama? Ga tau siapa yg benar dan salah, ga tau harus pilih siapa. Ingin membenci tapi tak tau harus membenci siapa

Leave a Reply