Si Kecil Mesin Kopi Dolce Gusto, Bikin Kos Jadi Asik

Aku ituh anaknya ‘agak-agak kopi’ gitu deh. Mungkin kamu udah pernah bacalah beberapa post aku di CuapHelda yang nyinggung-nyinggung tentang kopi. Bahkan, sampe norak gitu bikin bio dengan kalimat “black coffee no sugar”. Iyah, aku demen sama kopi item. Tapi, ngga kaku gitu, kok. Masih demen coba-coba varian lainnya, kayak cappuccino, latte dan lain-lain. Ngga cumen kopi juga tapi juga teh dan COKELAT! Sempet cari-cari info tentang mesin kopi, salah satunya dapet info tentang mesin kopi Dolce Gusto pas googling.

FYI, di kosku ngga ada dapur. Ada sih alat masak untuk ngerebus air panas gituh. Tapi ya aku ngerasa ribet sendiri. Jadinya, kalau mau ngopi atau bikin minuman-minuman lainnya – aku lebih sering keluar kosan. Mana lagi kalau nggak ke gerai kopi tersohor ituh.

?

Atau, palingan aku tuh rajin bikin kopi ya di kantor. Nyetok Nescafe atau kopi-kopi lainnya. Di sana disediain mesin kopi, cumen tetep aku lebih prefer seduh pakai air panas karena ngga ngerti cara pakai mesin kopi yang ada di kantor. Tapi ya kalau seduh kopi kadang bosen juga ya karena itu-itu aja. Makanya aku kepikiran aja sama mesin kopi Dolce Gusto. Pas liat spesifikasi dan cara pakainya di Internet, mesinnya mudah banget digunain.

Memberanikan Diri untuk Punya Mesin Kopi Dolce Gusto Nescafe

IYAAAK! Di post ini aku mau share pengalaman aku dengan mesin kopi pertamaku. Bukan Helda namanya kalau ‘ngidem’-nya ngga segera tersampaikan. Hehehe. Aku akhirnya bawa pulang satu unit mesin kopi Nescafe Dolce Gusto Piccolo Manual yang Genio. As  information, mesin kopi dari Nescafe ini ternyata ada beberapa tipe: Genio dan Circolo. Uniknya lagi adalah mesin kopi dari Nescafe diatur lewat aplikasi smartphone, Dolce Gusto Timer. Jadi, kalau mau bikin kopi cukup pilih mode minuman apa yang akan dibikin dan apps-nya bakal atur waktunya. Ngga perlu jadi expert kalau mau bikin kopi berkualitas expert, kan?

?

Jadi, kemaren aku udah coba dong ngopi-ngopi cantik sendiri di dalam kamar kos selagi ngerjain setoran tulisan yang cukup numpuk. Nyalain air-cooler, bikin kopi ngga sampe semenit, duduk manis lalu mulai nyalain laptop. Berasa di kafe, padahal cumen di kosan aja. Anyway, berasa banget harganya. Segelas kopi di kafe ituh harganya paling murah sekitar 26 ribuan gitu, tapi bakal lebih mahal lagi kalau kita pesen latte dan kreasi kopi lainnya. Nah, pakai mesin kopi Dolce Gusto Nescafe ini paling sekitar 7ribu sampai 15ribuan.

Yang kita butuhkan kalau sudah punya mesin kopi Dolce Gusto ini adalah kapsul-nya aja. Kapsul ini kayak sachetan gitu tapi dalam bentuk cup yang nantinya dimasukkan ke dalam mesin. Trus, mesin bakal proses kopi yang kita mau ituh. Kapsulnya ada berbagai rasa, mulai dari espresso, latte, macchiato dan lain-lain. Ada juga cokelat dan teh.

Mesin Kopi Dolce Gusto
Mesin Kopi Dolce Gusto di Kosanku. 😀

Cara bikin kopi pakai mesin Dolce Gusto ini mudah banget, kok! Seperti yang udah aku bilang, bikinnya cumen semenit aja. Jadi, buat kita-kita yang cukup (sok) sibuk ini bakal ngebantu banget. Ngantuk ilang tapi juga ngga habisin waktu.

  1. Isi wadah airnya dengan air yang udah mateng. Lalu, colokin ke listrik mesinnya dan nyalain.
  2. Siapin kapsul kopi yang dimau dan sesuaikan pengaturannya dengan kapsul yang mau dibikin, ya.
  3. Buka tempat kapsulnya dan masukin kapsul kopinya. Tutup. Siapkan gelas di bawah tempat keluarnya minuman ntar.
  4. Tekan tombol hot ataupun cold sesuai keinginan. Tunggu kopinya sesuai timer di apps Dolce Gusto Timer. Kopi udah jadi dan tunggu tertuang ke gelas. Jadi deh!
  5. Durasi pembuatan kopinya beragam. Untuk Espresso cumen butuh 8 detik dan Caffe Americano 43 detik aja. Ga sampe semenit untuk segelas kopi hitam, kan? Untuk kopi-kopi lainnya mungkin rada lebih lama dan butuh beberapa kapsul, ya.

Cool banget Piccolo ini deh!

kapsul mesin kopi dolce gusto
Ini dia kapsul kopinya!

Kesempatan Datang ke Piccolo Party

Pilihan kapsul kopi dengan beragam rasa. Ada cokelat dan teh juga!

Mesin kopi Dolce Gusto Nescafe yang udah aku punya itu aku bawa pulang dari acara Piccolo Party. Dapet privilege buat join party-nya hari Kamis, 27 April, kemaren. Di situ pas banget mesinnya didiskon abis up to 50%! Ya, langsung ambil ajalah. Hehehe. Kapan lagi, kan, bisa dapet potongan harga segitu.

Aku yang awalnya emang asing banget sama mesin kopi, termasuk mesin kopi dari Nescafe dapet penjelasan yang detail tentang cara pakainya. Ada Ernest Prakasa dan Mba Irawaty yang bawain acara Piccolo Party jadi asik banget. Plus, Mba-mba SPG cakep yang setia ngejelasin secara detail cara penggunaan mesin ini. Ini aku ada videoin Mbaknya. Hehe. Emang mudah banget! Trus aku nyobain juga beberapa rasa kapsul yang disediain di Piccolo Party tempo hari jadinya makin tertarik. Kemaren nyoba Chococcino dan Latte di sana sambil nikmatin hentakan musik dari DJ-nya yang kece. Xixixi. Party-nya pakai kopi.

?

A post shared by Helda Sihombing (@cuaphelda) on

Nah, kalau kamu penasaran juga sama mesin kopi ini bisa coba lihat di Lazada ajah. Biasanya ada promo menarik di sana. Agak susah juga sih buat dapet mesin kopi Dolce Gusto Nescafe ini di offline. Aku sendiri udah liat-liat beberapa store susah buat nemuin. Tapi, katanya di Ranch Market, Metro, Lotte Avenue dan Sogo udah ada, kok. Atau, itu tadi, beli di Lazada aja biar ngga harus repot ke sana.

Seneng banget sama mesin kopi ini! Finally, kesampean juga punya satu mesin kopi. Udah jadi pecinta kopi yang kece lha, ya. Ngga perlu harus ke kafe mulu, di kos juga bisa bikin kreasi kopi yang enak banget. Buatku mesin Nescafe Dolce Gusto ini efektif banget, ya! Pertama, iya, bikin jadi lebih hemat apalagi buat anak kos. Yang kedua adalah aku punya quality time buat diriku sendiri ataupun temen-temen. Yang biasanya harus nongkrong di luar dimana ituh butuh waktu banget ke sananya. Mall emang deket banget tapi 30 menit pulang-pergi ituh mayan banget buat ngerjain satu artikel. Ngga hanya itu aja, ya, kalau di sana dapet tempat duduk plus colokan. Kalau nggak, ya, ngabisin waktu buat muter-muter. Aku bilang gini berdasarkan experience aku, ya. Menurut aku pribadi mesin Nescafe ini sangat sangat ngebantu aku buat tetep melek tapi juga ngga ngabisin waktu dan uang aku. Atau, sekadar chit-chat bareng sahabat aku di kosan aja tanpa harus keluar kosan. Jadi, buat kamu yang pengin kepraktisan tapi yang ngga ngebosenin, aku sih rekomendasikan banget Dolce Gusto. Bisa taroh di rumah atau di kantor. Makenya juga ngga ribet kayak mesin-mesin lainnya seperti yang aku sebutin di awal. Cuslah liat-liat di Lazada or store lainnya.

?

Kamu mungkin suka tulisan ini!

13 Comments

  1. Jadi ngebayangin juga andaikan dulu waktu masih ngekos sudah ada mesin kopi ini pasti jadi enak banget ya. Hihihihi. Rasa kopinya enak! Belom nyobain varian selain kopi sih, tapi baca postnya temen-temen katanya enak semua. 😀

Leave a Reply