Titik Balikku Memulai Gaya Hidup Sehat

Awal tahun ini yaitu 2017 bisa dibilang sebagai titik balikku memulai gaya hidup sehat. Sebagaimana sudah pernah kusinggung dalam resolusi hidup sehat yang aku tulis di awal tahun, ah~~ thank God aku bisa capai! Ya, walau nggak gitu maksimal banget sih. Tapi, seriously, baru ini aku nunjukin progress baik.

Goal awalku nggak muluk-muluk: Aku lebih nyaman buat beraktivitas aja. For information, bobot / berat badan aku waktu itu mencapai 61,2 kilogram! Padahal tinggiku nggak seberapa. Memang kita nggak berpatokan sama bobot aja sih. Kadar lemak tubuhku juga mencapai 35%. Angka yang cukup lumayan. Plus keliatan banget kok badanku mekar. Aku nggak bilang bahwa punya body curvy nggak bagus, tapi di aku, aku ngerasa nggak nyaman karena biasanya badanku nggak gemuk-gemuk banget. Nggak nyamannya adalah aku gampang capek, gampang stres dan tentu saja baju-bajunya jadi sempit.

Cerita Titik Balik Hingga Turun Berat Badan Sampai 53,9 Kilogram Saja!

Jadi total aku turun berat badan itu sampe sekitar 7 kilogram lebih! Bukan angka yang fantastis jika dibandingkan dengan orang lain. Tapi aku punya prinsip gini, setiap orang punya kebutuhan angka masing-masing kok. Nggak bisa disamain. Kalau aku turunnya sampe 15 kg, mungkin aku bakal cungkring banget dan nggak cocok dengan aku sendiri. Jadi, buatku turun ‘hanya’ 7 kilogram saja sudah sangat sangat sangat cukup. Ya, walau pengin ngurangin dikit lagi sih.

A post shared by Helda Sihombing (@cuaphelda) on

Foto di atas pas berat badanku masih 61kilo!

 

Apa aja yang aku lakuin untuk capai goals aku itu? Actually, I make them simple. Nggak harus ribet-ribet. Cukup mulai dari yang emang kita bisa dan akan terus bisa kita lakuin. Ya itu tadi, prinsipnya adalah memulai gaya hidup sehat dulu.

Gaya Hidup Sehat yang Seperti Apa yang Bisa Dijalanin?

Aku juga udah sempet singgung sebagian di awal tahun. Tapi, nggak salah ya kalau aku bahas lagi sebagian di sini. Berikut beberapa rutinitas yang aku usahain buat lakuin:

  • Olahraga

Aku masukin olahraga dalam urutan pertama karena olahraga inilah yang sebenarnya jadi bagian penting dalam titik balikku berubah untuk hidup sehat. Waktu itu aku mikirnya adalah: “Gila, sayang duit gw abis tapi nggak ada hasil”. So, olahraga di gym bikin aku semangat untuk capai goals aku. Seenggaknya bikin aku nggak ngos-ngosan lagi jalan berkilo-kilo atau sekadar naik tangga stasiun commuter lain yang sangat sangat tinggi itu.

Cukup sekitar 2-3 bulan aku intens olahraga, badanku kerasa lebih bugar aja. Yang awalnya nggak otot aku sakit-sakit banget pas angkat beban, eh uda mulai terbiasa dan harus ditambah. Sedikit demi sedikit bonusnya berat badan turun.

  • Mulai makan makanan yang lebih sehat

Kenapa aku bilang lebih sehat? Coz aku nggak drastis bener-bener jauhin semua makanan yang dianggap nggak sehat, kok. Aku juga masih makan makanan kemasan or something. Tapiii.. Sudah mulai pikir-pikir. Aku masih makan donat JCO, tapi, dah bisa ngerem diri. Aku awalnya juga masih makan mie instan tapi aku akhirnya bisa batesin sekali sebulan, bahkan sempet juga sebulan itu nggak nyicip mie instan rebus. Hahahaha. Plus, yang paling aku sukaaak banget ayam goreng tepung dari KF*, Lott*ria, M*D dan SAB*NA. Hahaha. Itu aku bener-bener perjuangan banget buat jauhin dan bisa cumen sekali sebulan.

Well anyway, sampai sekarang bahkan aku sudah tidak begitu tertarik sama goreng-gorengan kayak pisang goreng, tempe goreng tepung, bakwan dan temen-temennya. Aku takjub sama diriku sendiri. Buahahaaha. Hasilnya? Perutku nggak ngerasa begah. Pernah sekali waktu aku nyicip bakwan dan perutku terasa ga enak.

  • Minum yang banyak banyak banyak

Ada satu rahasia lagi yang sebenarnya bukan rahasia sih *apaan sih*. Aku mulai rajin minum! Selama ini aku ngerasa aku tuh dah cukup minum padahal sebenarnya nggak. Aku disaranin minum bahkan sampai 3 Liter per hari! Tujuannya apa? Salah satunya untuk mengatasi rasa lapar “bohongan”. Iya ada rasa lapar yang sebenarnya bukan lapar beneran. Cumen pengin manjain lidah aja tapi perut masih ngerasa cukup. Itulah kenapa minum yang banyak perlu banget!

Tapi, minum bukan tentang sekadar mengurangi rasa lapar aja, kok. Minum itu jadi detoks juga buat tubuh kita untuk ngeluarin racun-racun dalam tubuh. Disadari atau nggak sebenarnya ada cukup banyak racun yang masuk dalam tubuh kita meski kita udah memulai hidup sehat sekalipun. Itulah gunanya minum air! Tapi, ada baiknya untuk minum air yang benar pula. *apa pula ini bahasanya* Maksud aku minum air mineral yang tepat bagi tubuh. Nggak sembarang air.

🙂

Minum Air Pristine 8+ untuk Memulai Gaya Hidup Sehat

Pristine 8
Pristine 8

Hal inilah yang dilihat oleh Pristine.id. Aku minggu kemarin sempet ikut press-conference dari Pristine dan ketemu (lagiii) ama Mr. Kei Sinohara. Beliau maparin soal kelebihan air mineral Pristine dan ada pula mesin penyaring air terbaru dari Pristine. Dari situ aku dapet insight baru bahwa saat akan minum air putih, kita juga harus perhatikan kadar pH-nya serta sumber mata airnya. Makanya nggak heran tiap brand bisa beda-beda rasanya dan nyesss-nya.

Aku sendiri emang prefer Pristine. Lebih plong aja gitu neguk airnya. Terus berdasarkan informasi yang dapetin tempo hari, ada cukup banyak kelebihan yang dimiliki oleh Pristine, khususnya inovasi Pristine 8+. Pristine 8+ adalah air mineral dengan kandungan pH di atas 8 yang mencukup kebutuhan tubuh akan air alkalin. Sifat basa pada air alkali ini bisa menetralkan tingkat keasaman yang ada dalam tubuh serta mempercepat nutrisi terserap ke dalam tubuh.

😉

Mr. Kei
Mr. Kei

Mr. Kei juga sempet mendemostrasikan gimana cepatnya air mineral Pristine 8+ buat detoksifikasi racun dalam tubuh. Salah satunya dengan teh serbuk yang dituangkan air Pristine dan merek lain. Nah, di tabung air Pristine, teh serbuk lebih cepat lebih bening lagi. Keren! Trus ada juga tes pake betadine gitu dimana air yang yang pakai Pristine bisa menetralkan warna betandine dengan lebih cepet.

Ah~~~ Thankyou, Mr. Kei dan tim Pristine!

Jadi, sudah bisa mulai hidup yang sehat sekarang, kan? Nggak sulit, kok, kalau ada niat plus mulai dari yang simpel. Minum air putih, mulai pilih makanan aja plus sisihin waktu buat olahraga sebenarnya nggak ribet, bener, ya?

Kamu mungkin suka tulisan ini!

8 Comments

  1. wah, turun 7 kilo itu hebat banget. Aku aja nurunin sekilo aja syusyeee.. hahaha
    Tapi, baca tuisan ini aku jadi semangat lagi.
    Btw, aku juga suka minum pristine. Bisa sekalian detox soalnya.. 🙂

  2. Mau lah saya turun sampe 7 kg. Ini sekilo aja susahnya minta ampun hehehe. Saya sampai install water reminder supaya minumnya cukup. Sekarang mau ditambah dengan rutin minum Pristine ah 🙂

Leave a Reply