Masak di Kosan, Ini Cara Masak Sendiri Tanpa Kompor dan Dapur

Masih cerita dari kos. Hehe. Selain tentang tips menjadi anak kost dengan tetap sehat dari sisi kebersihan, kali ini aku mau share cara sehat dengan masak di kos. Kalau di kos ada dapur atau kompor sih nggak jadi masalah berarti. Yaaa, yang jadi masalahnya adalah maksain diri buat gerak ke dapur. Eh, tapi, kalau mager ke dapur, apalagi dapurnya sharing, mungkin tips cara masak di kamar kos ini bakal bermanfaat juga buat kamu.

Tips Masak di Kamar Kos a la Helda

Aku udah beberapa kali coba tips masak di kos ini. Nggak perlu dapur dan bahkan nggak perlu kompor. Salah satu rahasiaku adalah multi-cooker gituh. Yang murah-murah sih. Tinggal colok ke listrik terus ya bisa masak di wadahnya. Nggak cumen rebus-rebusan tapi juga aku pake aja buat numis. Ini dia di bawah ada contoh-contoh masakanku walau nggak punya kompor dan dapur. Aku pernah bikin tempe sambel, tumis sayur, bikin telur rebus dan lain-lain. Eh, aku pernah lho bikin kwetiau goreng dan ayam sambel keju juga cumen modal multi-cooker ituh. Plus, salah satu andalanku adalah tumislah sayur pake telur. Haha. Jamin enak!

Tempe sambel sereh dan sayur jantung pisang a la suku Karo.
Tempe sambel sereh dan sayur jantung pisang a la suku Karo.

Cumen ya.. pakai multi-cooker biasa yang murah-murah gitu, ya, terbatas fungsinya. Terus, kurang bisa buat masak yang agak ribet. Misalnya daging-dagingan, misalnya bikin rendang atau masakan kayak nasi risotto dan sebagainya.

Aku punya satu wishlist lagi!

Wishlish Masak di Kosan: Healsio Automatic Cookware

Talkshow SHARP Cooking Club
Talkshow SHARP Cooking Club

Seneng banget bisa dateng ke acara Healsio Automatic Cookware beberapa waktu lalu. Bertempat di Hotel Borobudur, SHARP ngajakin aku buat liat-liat produk mereka dan dengerin talkshow menarik seputar hidup sehat dengan makanan yang sehat. Ada Ibu Herdiana perwakilan dari SHARP dan Ibu Monica, ahli gizi. Oh ya, ada Chef Odie Jamil jugak yang ngajarin tentang masak-memasak dengan automatic cookware dari SHARP inih. Chef Odie juga jadi juri buat lomba masak on the spot yang diadain di acara ituh. As info, pas lomba masak ituh, Chef Odie malah banyak ngasi ilmu. Hahaha.

Acaranya dimulai dengan perkenalan dari SHARP, terus dilanjutin talkshow dan demonstrasi masak dari Chef Odie. Oh ya, ada lomba masak juga dengan total hadiah jutaan rupiah. *ngarep waktu itu

 

SHARP Healsio Automatic Cookware
SHARP Healsio Automatic Cookware
Nasi Rissoto Keren dari peserta
Nasi Rissoto Keren dari peserta

Dari acara SHARP Cooking Club ini, ada beberapa hal yang bikin aku jatuh cintrong sama Healsio Automatic Cookware ini:

  • Spesifikasinya kece. Jauhlah sama multicooker yang aku punya sebelumnya. Xixixi. *durhaka ya* Kapasitas masaknya sampai dengan 2,4 Liter. Ada Manual Temperature yang bisa disetel sampai dengan 90 derajat Celcius. Dan, katanya bisa buat 300 pola gerakan memutar yang memungkinkan lebih banyak variasi masakan. Bahkan, otomatis ya. Namanya juga automatic cookware. Jadi, buat yang nggak pinter atau nggak bisa masak masakan tertentu ya bisa pake multi-cooker SHARP ini!
  • Ibu Monica sempat sebut juga bahwa automatic cookware ini bisa masak tanpa air. Dengan begitu, nutrisi yang ada di dalam bahan makanan nggak larut ke air. So, jadi lebih bernutrisi makananya. Oh ya, karena wadahnya tertutup maka kontaminasi bakteri bisa diminimalisir.
  • Yang paling aku suka dari SHARP Automatic Cookwear ini adalah temperature dan steam sensor untuk mengatur panas masakan. Jadi, nggak overcooked. As info aja, kebanyakan masakan-masakan yang aku buat sebelumnya dengan multicooker biasanya, jujur aja, semua over-cooked. Ini karena panasnya nggak merata dan wajan harus bener-bener panas dan lama banget masaknya baru dah bahannya mateng. Sad.

Kesimpulannya, aku sukak banget sama Healsio Automatic Cookware dari SHARP ini! Mudah-mudahan, ya, wish ini terkabul. Siapa tahu SHARP mau sponsorin aku dengan kirim produk mereka. Hehehehe.

Masak dulu!
Masak dulu!

Anyway, buat kamu yang selama ini stuck kangen masakan rumah dan pengin masak sendiri di kos. Cobain deh buat punya satu multi-cooker, especially SHARP Healsio Automatic Cookware inih.

😉

Kamu mungkin suka tulisan ini!

Leave a Reply