Kost Minimalis Rapi, Ditambah Aksesoris Ini Bisa Lebih Manis

Aku nggak tahu berapa ukuran kamar kost minimalis tempatku tinggal selama hampir 4 tahun ini. Mungkin 3 X 5 meter apa, ya. Cumen 7 ubin x 10 ubin gede. Haha. Sudah termasuk kamar mandi dalam. Tapi, beruntungnya adalah aku dapet kos-kosan yang senantiasa dibenahi sama Ibuknya. Kalau ada yang pindah, Ibuk kos bakal ngeliat ada yang perlu diperbaiki atau dicat nggak. Jadinya kosannya tetap bagus. Jadi panjang gini dah ceritanya.

Buat anak kos-kosan sering kali yang jadi masalah adalah ruangan sempit dengan barang-barang seabreg, ya? Duh! Bingung mau ditata gimana. Boro-boro mau Instagrammable, rapi aja sudah syukur banget.

Hmmm…

Aku pernah nulis “Tips Menjadi Anak Kost” dan “Sesibuk Apapun, Jadilah Wanita yang Bersih”. Di tulisan ituh aku nekenin bahwa walau jadi anak kost yang super duper kadang (sok) sibuk, kita tetep harus rapi, ya, Men-temen! Kost yang sempit sekalipun tetep bisa terasa lega, kok, asalkan… Ya, rajin buat rapiin. Emang sih nggak tau gimana kok bisa ya tiap hari pasti kamar kost berantakan lagi dan berantakan lagi. Terjadi gitu aja. Tapi, seenggaknya, kita bisa minimalisir berantakannya.

Anyway, aku juga kadang berantakan, kok, di kos. Kalau udah capek banget nget nget atau lagi moody, kamar kost aku bisa kayak kapal pecah. Hahaha. Padahal aku udah rapikan serapi-rapinya beberapa hari lalu. Nah, tapi, ngeberesinnya juga nggak perlu pakai lama. Kalau ada temenku yang akan mampir aku tetep bisa sambut dengan kamar yang rapi dan lumayan cakep! *muji kamar sendiri nggak apa-apa kan* Kamarku nggak Instagrammable, kok, tapi cukup manislah! Lagian aku juga ngga begitu suka yang terlalu Instagram karena kadang aku lihat cukup ribet dan banyak properti.

Tipsku Rapikan Kamar Kost Minimalis

Tips Kost Minimalis yang Rapi
Tips Kost Minimalis yang Rapi
  1. Jadilah minimalis

Yap! Kalau punya kost minimalis ya jadilah orang yang minimalis juga. Pernah dengar gaya hidup minimalis yang santer di Jepang sekarang? Sebenarnya nggak harus seekstrim itu sih.

Actually, aku tipikal orang yang nggak suka menumpuk barang. Itulah kenapa barang-barang di kost-ku lebih sedikit dibandingkan temen-temenku. Ngga tau antara OCD atau apa nih. Huhu. Aku nggak tahan ngeliat barang-barang yang nggak dipake masih bertahan di dalam ruanganku. Dari dulu begituh, bahkan sebelum nge-kost. Nggak level sadis kok. Kadang masih ada barang kenangan atau yang aku pikir akan aku pakai masih disimpen. Namun, kalau aku benar-benar rasa nggak perlu – ya aku berani buang. Tiap tahun pasti ada aja baju / sepatu yang aku hibahin atau malah aku buang. Makanya lemari kecil ini masih cukup buatku. Ini udah termasuk simpen selimut, lho!

Ini dia juga dua plastik baju mayan gede yang masih bingung mau dikemanain. Aku emang masih boros soal beli pakaian dan sepatu. Mulai tahun 2017 ini aku udah mulai ngurangin. Udah mulai nggak kalap! Hehe.

  1. Simpan di dalam dan tak terlihat

Aku punya tips jitu supaya kamar kost atau ruangan terlihat lebih rapi – simpan di dalam! Maksudnya semua barang punya tempatnya, kalau bisa yang tertutup. Lebih baik berantakan di dalem deh daripada kelihatan. Biar ngga sumuk ituh ruangan.

Makanya aku rajin banget beli boks, keranjang atau container plastik. Kalau ada kotak dari packing barang-barang tertentu yang bisa dipake, ya aku pake buat simpen yang sekiranya harus disimpen. Oh, ya, termasuk juga buat pakaian kotor – aku sediain ember cute dengan tutup sebagai tempatnya.

Kadang yang agak ekstrim, jaket yang semisalnya akan aku pakai lagi besok, aku simpen lagi ke dalam lemari. Tapi digantung, yah. Males lihat ada pakaian bergantung-gantung.

😛

Tips Kost Minimalis
Tips Kost Minimalis
  1. Tetap bikin manis kamar juga!

…dua tips di atas seakan-akan sebut kalau nggak boleh ada barang-barang nggak penting di kamar, ya. Nggak, kok! Kamar yang rapi bukan berarti harus ‘polos’ gitu aja tanpa hiasan. Aku tetep majang beberapa benda supaya kamar agak ‘berwarna’. Polos gitu aja kurang asyik. Hehehe. Kadang beberapa hiasan ituh penting buat penyemangat, kan?

Aku masih majang bunga akrilik, lampu belajar dengan bentuk dan warna unyu dan beberapa hiasan dinding. Bahkan buku tetep aku pajang biar keliatan kece. Xixixi. Aku termasuk rajin juga sih beli beberapa hiasan dinding dengan quotes. Nah, ada satu nih, yang paling menonjol di kamarku – hiasan dinding gambar bunga-bunga. Hiasan itu hasil DIY dan gampang banget bikinnya, cumen pakai Styrofoam lembaran yang dibalut kertas kado. Hahaha. Lumayanlah. Tapi sekarang aku pengin ganti suasana aja. Seriously! Itu DIY biasa banget. Hehe. Pengin sesuatu yang lebih artsy gituh akunya. Ntah ditambahkan ke kamar atau ituh DIY aku copot ganti yang lain.

DIY Kost
DIY Kost

Cumen aku liat hiasan-hiasan buat dinding gituh mayan mahal, ya. Sebenarnya aku pengin gambarnya yang unik gituh dan catchy! Searching sana-sini, sulit juga nemu yang affordable. Ada yang sediain hiasan dinding tapi biasa banget dan gambarnya cenderung kayak nggak unik gitu tapi maheul.

Hmm…

Eh tapi, aku nemu satu website yang mayan menarik ding! Awalnya aku lihat katalog-nya memang rada mahal kalau buat anak kost kayak aku. Tapi kalau buat rumah tangga mungkin nggak, ya. Cukup terjangkau. Tapiii… Pas ubek-ubek itu situsnya nemu yang versi affordable-nya juga. Hihiy. Website-nya: Spasium.com alias Spasium. Spasium adalah situs jual artwork online / online artwork gallery Indonesia. Ada banyak artworks yang emang artsy banget di sana. Gambar-gambar yang dijual nggak nemu di Google atau situs Shutterstock deh!

Secara singkat, Spasium ituh adalah situs yang mempertemukan artist (seniman Indonesia) dengan pembeli. Aseli! Aku sukak banget sama gambar-gambar buat dipajang yang disediain. Coba tengok bagian ALL COLLECTION di Spasium. Kita bisa pilih gambarnya seperti apa, apa yang Drawing, Graphic, Illustration, Mix Media, Painting atau Photography. Trus di bagian kiri ada pilihan lebih spesifik lagi, mau yang Abstrack, gambar hewan, kota, konseptual, budaya, futuristic, human and activities atau alam. Bahkan, ada pilihan orientasinya mau yang bentuk kotak, landscape, portrait atau panorama. Size-nya juga beragam, yah. Mulai dari kecil sampai esktrim.

Aku sukak banget sama artworks di situs Spasium! Kayaknya bakal kece gitu dipajang di kamar kost minimalis aku. Ada yang Print Only, harganya sangat sangat terjangkau tapi mungkin rada ribet ya kalau harus nge-frame lagi. Terkecuali mau sediain waktu buat cari frame-nya. Sebagai anak kost yang pengin kamar kece tapi dengan budget yang lebih terjangkau, aku pilih yang Canvas. Tinggal pilih aja mau produk yang Canvas atau Frame, dicentang kotak sebelah kiri. Lihat-lihat dan aku kepincut sama artwork “I Feel You”, bakal artsy gitu dipajang di kamar kost. Xixixi. Gambarnya bermakna! Hehe.

😉

Spasium: I Feel You
Spasium: I Feel You

Anyway sedikit tips dari aku, kalau pengin yang minimalis, ya, artworks yang minimalis bisa kita pilih. Atau, kalau emang kamar kost kita udah minimalis banget, ngga salah juga pilih artworks yang agak ramai untuk jadi statement gitu.

Yang pasti, rajin-rajinlah untuk beberes kamar kost atau ruangan, ya! Serapi apapun atau seminimalis apapun, baik itu ruangan yang sempit atau luas, pasti akan berantakan juga. Sekian tips kost minimalis dari aku. Semoga ngebantu kamu yang lagi baca artikel ini.

Kamu mungkin suka tulisan ini!

8 Comments

  1. kamarku 3×5 juga dan cukup banyak tumpukan, mulai dari tumpukan tas, tumpukan kamera, tumpukan goodiebag, tumpukan kopi, apalagi tumpukan bukuuuu… (padahal harusnya aku kan rapi yekan?). rapi sih, cuma mo bikin tempatnya yang ditunda2 mulu. sementara jadi sementahun.

Leave a Reply