Rahasia Tak Jenuh Menulis 10 Artikel Per Hari

Sebagaimana sudah pernah aku singgung di artikel mengenai profesi yang sedang aku jalani sekarang: pekerjaan content writer SEO – kerjaanku selama ini ya tentu saja menulis, menulis dan menulis. Bahkan, sering kali, total konten yang harus aku produksi per hari adalah 10 artikel bahkan lebih!

As information, kerjaan seorang SEO Content Writer itu adalah produksi konten untuk kebutuhan optimasi mesin pencari. Jadi, memang copywriting agak sedikit diabaikan. Ini karena yang dibutuhkan ‘hanyalah’ artikel yang unik. Unik yang dimaksud dalam dunia SEO adalah lolos Copyscape 100%, alias sama sekali nggak ada kalimat yang mirip dengan artikel lainnya. Tapi… Bukan berarti artikel yang ditulis oleh kami para Content Writer SEO nggak bagus ya. Kami juga tetep concern ke pembaca manusia, bukan cuma robot Google aja.

UPDATE: Untuk cek apakah artikel kita sudah unik di mata Google alias nggak ada COPAS sama sekali bisa pake tools: Copyscape Premium http://www.copyscape.com/ atau Plagiarism Checker http://smallseotools.com/plagiarism-checker/

Oh iya, kok bisa sampe 10 artikel?

Mungkin kamu tanya begitu. Ini karena artikel yang kami produksi biasanya memang re-write. Jadi, kami cari source dari artikel lainnya di Internet – bisa satu dua sumber atau lebih. Tapi, lebih baik lebih dari satu supaya lebih unik dan artikelnya nggak mirip banget sama artikel sumber. Aku sendiri kadang bisa tahu loh kalau ada artikel yang mirip banget dengan artikel lainnya di Internet waktu ngecek tulisan SEO writer lainnnya. Biasanya untuk 10 artikel sendiri, ada yang terdiri dari 500 kata ataupun 300 kata. Trus, itu bukan dari kantor aja, kok. Hehehehe.

😀

Masuk ke topik utama kita.

JENUH?

Iya, jujur kadang aku jenuh menulis artikel sebanyak itu. Walau sebenernya artikel yang ditulis itu gampang banget. Bahkan, karena sudah menahun menulis artikel – pas ngeliat topik – kita udah tahu akan nulis apa saja. Nggak hanya itu, bahkan, ada beberapa topik yang udah sampe hapal dan nggak perlu bolak-balik lihat sumber artikel. Selain jenuh, jari-jari aku sakit juga sih ngetik mulu. *makin tsurhat*

Tapi, mau gimana, kan? Kerjaan emang di bidang itu dan aku suka kerjaan ini.

😉

 

A photo posted by Helda Sihombing (@cuaphelda) on

 

Jadi, Apa Rahasia Tak Jenuh Menulis 10 Artikel Setiap Hari?

Ada beberapa hal yang aku terapkan atau aku tanamkan dalam otak dan perasaan *tsah* supaya nggak jenuh atau bosan. Yaaa, walau kadang kuakui aku ngerasa males banget buat nulis.

  1. Sebenarnya menulis itu gampang

Sebenernya menulis itu gampang! Itu yang harus kita tanamkan dalam otak. Coba deh kadang kita introspeksi diri ketika sudah menyelesaikan satu atau beberapa artikel. Bisa jadi kita takjub sendiri dan mikir gini: “Ajib! Gila! Gue nyelesai artikel ini cuma 20 menit doang! Kenapa nggak gue konsen aja terus, ya. Klo Cuma 20 menit, 5 artikel mah kelar 2 jam atau 2,5 jam doang. Huh.”

Aku kadang mikir gitu loh. Jadinya semangat lagi. Belum lagi kalau yang aku kerjakan adalah artikel freelance. Hmm… Bayangin duitnya aja dah! Huuuhu~~~

  1. Jangan terlalu banyak baca dan baca terlalu banyak

Percayalah! Yang kadang bikin kita jenuh menulis itu karena sudah terlalu capek karena information over-loaded. Membaca memang baik supaya kita jadi lebih pinter nulis dan punya banyak kosa kata. Tapi, terlalu banyak baca hanya akan bikin kita pasif dan males untuk nulis. Ini karena udah capek browsing sana-sini. Iya, apalagi kalau kita keranjingan baca situs-situs berita. Duh, waktu habis untuk baca sana-sini dong.

Jadiii… Batasi waktu untuk browsing, ya. Dahulukan untuk selesaikan tulisan dulu baru nanti bisa ngapain aja. Perlu aku akui, kadang aku juga begituh. Apalagi pas nggak mood.

  1. Simpen semua bahan tulisan yang akan dikerjakan

Aku punya sistem penulisan artikel, begini:

Cari bahan tulisan – simpen di notepad – lalu tulis, tulisnya dengan cara MS Word untuk tulisan di sebelah kanan di layar dan bahan tulisan di kiri. Kira-kira gini contohnya:

jenuh menulis
Contoh tulisan dari Helda

Jadi, pas ngelanjut ke artikel berikutnya, aku nggak perlu cari-cari sumber tulisan lagi untuk ditulis ulang. Aku bisa fokus buat selesain tugas artikel aku di hari itu.

Satu hal yang nggak pernah aku lupakan untuk tidak jenuh menulis adalah: MUSIK! Mungkin sebagian orang malah nggak konsen kalau dengerin musik, ya. Ngga begitu buatku. Hal paling penting yang nge-boost mood dan jariku untuk mengetik dengan lebih cepat adalah MUSIK. Maka dari itu, perangkat headphone dengan suara nge-bass banget penting buatku. Di kantor aku bisa nulis sambil angguk-angguk geleng-gelek. Hahahaha. Kalo di kosan aku sediain speaker. Atau kalau lagi di luar menuju kantor bisa pake handphone atau audio player. Banyak kok dan murah. Coba cek aja harga audio player di toko atau situs belanja favorit kamu. Biar jadi mood-booster nulis!

Anyway, aku bisa ngetik dengan ngikuti irama musik yang lagi aku denger. Hahahaha. Beberapa waktu belakangan ini aku lebih suka lagu-lagu jedag-jedug. Bisa liat ulasan playlist-ku di Cuapops.com *promosi* Biar nggak jenuh, euy!

Tertarik jadi seorang SEO Content Writer juga? Nggak takut jenuh lagi, kan? Oh ya, nggak perlu takut jadi content writer. Menulis itu nggak sesulit yang kamu bayangkan. Apalagi buat SEO. Nanti aku lanjutin lagi topik mengenai profesi unik ini.

🙂

Kamu mungkin suka tulisan ini!

46 Comments

  1. Aku pernah jadi kontributor olshop dengan beban rata-rata nukis 4-6 artikel per hari. Kadang bisa cepet kadang lama juga. Paling sebel kalau lagi stuck trus males. Hahaha… Giliran inget isi rekening jadi semangat lagi.

  2. Aku takjub liat orang yang sanggup nulis artikel sebanyak itu per hari. Kalo aku, nyeraaaahh! Hahahaha. Otakku ngga shanggup banget. Tapi kuncinya memang harus dilakukan dengan fun siy yah. Jadi bebannya ngga terlalu terasa?.

  3. Hi mak, salam kenal.
    Aku setuju banget sama no.2 hehe klo kebanyakan browsing malah jadi bingung apa yang mau di tulis. Dan kalo aku kan nulis konten buat Fanpage brand ya, jdi kadang tema yang di tentuin setelah berbulan-bulan itu-itu terus dan akhirnya bingung mau tema apalagi yang mau di angkat. Ada masukan buat pas mentok gak mba 🙁

    1. Iyaa, Mba. Kalau untuk pekerjaan memang sering topik yang ditulis ya itu-itu saja. Hmm.. Anggep ajah memang harus begitu, Mba. Jadi ya, anggep aja kalau topiknya sama – bonus, karena udah tahu akan nulis apa jadi nggak pusing lagi. Bedanya coba bahas dari sudut pandang yang berbeda. Yaaa, walau mungkin bosen, yak.

  4. Jadi ingat suami aku yang sempat ambruk ngerjain seo client. Hehehe

    Orang-orang kadang menyepelekan dan bilang “enak ya kerjanya dirumah depan leptop doang” hihi mereka harus baca ini kayaknya ?

    Semangat kawan-kawan ?

  5. Aku selalu takjub dgn org yg bsa nulis dalam wkt 10 menit kelar. Aku bisa juga sih.. tapi 1 paragraf doang sudah gitu ditinggal sejam hahahaha..

    Edisi berikutnya ditunggu ya!

  6. Kalo lagi pengen nulis banyak, saya biasanya nyediain dua monitor dan pake aplikasi speechnotes, jadi ga nulis cukup ngomong aja. Paling edit-edit dikit setelah nulis nanti.

  7. 10 artikel/hari????? Ckckck hebat euy. Aku nulis satu artikel aja bisa sampe beberapa hari. Hahahaa… kadang yang bikin lama tuh di nyari foto pendukung tulisan dan edit2 fotonya.

    *toss* aku juga selalu dengerin musik tiap nulis blog. Jadinya ngalir aja gitu.

  8. salam kenal, sku resti. hebat dan inspiratif mbak. dulu aku sempet semacam magang jd content writer di sebuah web ttg anak muda. dan ada kewajiban dalam 1 minggu upload 5 tulisan dengan berbagai tema. hehehe dan ga pernah bisa dapet 5 postingan hehehe. salut. mungkin harus belajar lagi nih dan nyoba tipsnya.

  9. Wow 10 artikel?! Aku sehari kayaknya 1 artikel aja udah seneng. Tapi kalau topiknya menarik bisa panjang banget sih.
    Memang kuncinya di do what you love and love what you do

  10. kalau aku lambaikan tangan nulis 10 artikel perhari, nggak kuat mbak, satu aja kadang ngos-ngosan nyelesainnya hehe. Kalau aku nggak konsen nulis pas ada music, kebalikan kita ya mbak. Btw, makasih tipsnya mbak, bisa dicoba 😀

  11. 10 aitikel dalam sehari?uwooow, jadi pengen juga. Tpi selalu saja sulit dan itu mentok di beberapa jumlah kata dan seringnya hanya satu artikel dalam satu hari heu heu

    tolong jadikan aku muridmu suhu.

    #bookmark

Leave a Reply