Pengin Jadi Penulis Terkenal? Coba Mulai dari Opini.id

Jadi penulis terkenal itu kayak mimpi banget, ya? Aku juga kadang ngerasa gitu sih. Tapi bukan berarti ngga bisa, kan? Paling nggak buat jadi ‘dikenal sebagai penulis’. Xixixi. Tapi mungkin bagi yang benar-benar awam soal dunia menulis apalagi cara menjadi terkenal sebagai penulis – akan benar-benar bingung mulai langkah-langkah jadi penulis itu dari mana.

Aku juga dulu gitu, kok. Pernah berhasil sih buat masukin tulisan ke salah satu majalah Nasional. Tapi, itu cuma sesekali dan cukup sulit – setidaknya buatku. Sempet kepikiran: Bisa nggak sih jadi penulis terkenal atau seenggaknya ngandelin profesi penulis tapi di Internet? Cumen aku bingung harus mulai dari mana. Faktanya, dulu pas nulis di blog Friendster *ketauan dah usianya* nggak ngefek. Tapiii… Untunglah, ada seseorang yang mengenalkanku pada blog. Kala itu nulis di blog dengan nama alay di WordPress.com. Haha. Mayan lho! Apalagi dulu-dulu aku masih berani nulis beberapa topik-topik yang cukup kontroversial dan berani, menurutku.

Biar nggak omdo (omong doang) dan jadi motivasi buat dedek emesh yak. :’))) *ini udah lama banget sih T.T kesian ya

Sekarang, kalau kamu tanya gimana mulai jadi penulis – actually, gampang banget! Kebanyakan orang sekarang sudah punya gawai sendiri dan akses mudah ke Internet. Kebanyakan juga sudah punya laptop. Oh ya, bahkan, tak perlu-perlu amat dengan laptop, kamu sudah bisa start menulis. Misalnya saja di Notes Facebook atau nulis caption menarik di Instagram. Cumen aku mau kasih tau satu platform lain lagi yang bikin makin mudah jadi penulis dan bahkan jadi terkenal! Apa itu?

Yuk! Mari Jadi Penulis Terkenal Dimulai dari Opini.id

Kamu pasti sudah nggak asing dengan beberapa situs yang diisi dengan sistem contributor / content writer lepas gitu, kan? Sebut saja Hipw** yang fenomenal itu dan mungkin beberapa situs lainnya. Tapi, yang aku suka dari Opini.id adalah kepraktisannya! Okay, let’s get started!

  • Suka sama kepraktisan situs Opini.id

Aku bisa bilang kalau Opini.id adalah salah satu situs yang paling mobile-friendly. Bukan cumen buat dibaca tapi juga nulis. Aku rada males untuk instal aplikasi blog di smartphone karena aku rasa nggak akan butuh. Ribet buat nulis di smartphone. Tapi, ini nggak berlaku saat menulis di Opini.id. Nulis di smartphone malah praktis banget. Nggak ada halangan hari untuk create content deh.

Jadi, buat kamu yang selama ini ketunda mulai menulis karena alasan ribet. Coba dulu start dari Opini.id. Buka aja dulu!

😀

Follower-nya masih dikit. Xixixi. 😀
  • Nulis ‘bebas’ di Opini

Aku pakai tanda kutip, ya. Bebas bukan berarti bener-bener nggak ada batesan. Tentu saja hal-hal SARA atau pornografi ya nggak bisa ditulis di situs Opini. Bebas yang aku maksud adalah kita lebih leluasa nulis karena situs ini – sesuai dengan namanya – ya tempat kita beropini. Sering kali kendala kita menulis adalah karena ada cukup banyak aturan. Iya bener kita harus nulis juga berdasarkan data. Tapi, kali ini kita sedang belajar, so… Urusan ribet-ribet kayak mau nulis essay itu malah cukup ngebebanin, especially bagi pemula. Itulah kenapa aku sukak sama Opini!

Kamu bisa nulis apa saja. Intinya tulis yang kamu suka dan kuasain. Misalnya kalau kamu seneng sama fashion, kamu bisa tulis tips fashion. Kalau kamu suka ngomentarin sekitar, bisa juga lho dituangin uneg-uneg-nya di situs Opini. Misalnya, pendapat kamu tentang gaya pacarana sekarang, anak muda, tentang kuliah dan sebagainya. Nulis itu mudah, kok, asal dimulai!

😉

  • Situs Opini.id ramai!

Kira-kira di sini ada yang belum pernah lihat situs Opini ndak? Hmm… Mungkin belum pernah buka situsnya tapi paling nggak sudah pernah lihat share dari temen-temen kamu di Facebook, kan? Iyaps! Opini emang terkenal dengan video-video viral-nya yang emang menarik banget. Fanpage-nya cukup ramai dengan ratusan ribu pengikut. Sekarang malah situs Opini juga ramai banget! Berdasarkan situs ranking Alexa, ranking situs Opini di Indonesia berada di urutan ribuan dari sekian banyak situs dan blog yang ada di Indonesia. Akan makin ramai lagi seiring waktu nanti. Mumpung belum banyak banget nget nget penulisnya, hayuk, jadi sepuh di Opini. Hahaha. Impian jadi penulis terkenal bakal lebih mulus. *teteup

Mayan ramai, lho!

Oh ya, as information, kalau kamu sudah bikin akun di situs Opini.id, kamu bakal nemuin sistem follower di sana. Semakin rajin kita menulis, semakin tinggi peluang dapat banyak follower di akun Opini kamu dan juga blog pribadi atau akun media sosial kamu. Ini karena ada kolom buat isi URL blog atau media sosial kamu. Mayan, kan, buat promosi. Baca juga tulisanku dengan judul “Kelebihan Jurusan IPS Dibandingkan IPA” ya.. Itu ramek! Haha.

Mau jadi penulis terkenal dan dikenal nggak sesulit dulu. Ada banyak kanal yang bisa kamu coba untuk mempromosikan diri. Di tulisanku kali ini, yang aku sebutin adalah salah satunya. Jadi, kenapa nggak coba? Dengan kepraktisan yang ada serta peluang besar yang menanti – mulailah dari sekarang untuk rajin menulis.

Oh ya, satu lagi, konsistensi itu penting! Jangan kayak aku, ya, yang mood-mood-an buat nulis. Hehe. Kebanyakan penulis atau blogger yang terkenal yang aku kenal, mereka bener-bener konsisten untuk menulis. Aku sempet sebut di awal tentang nulis sesuatu yang kontroversial misalnya atau yang viral – itu bagus. Tapi, kalau cumen sekali doang, ya, sayang! Bakal sampe seminggu atau sebulan mungkin bertahannya konten dan kamunya akan terkenal. Tapi, kalau kontinu alias konsisten, mudah-mudahan akan semakin dikenal. *note to self banget ini

So, mo sampein Opini apa hari ini?

Kamu mungkin suka tulisan ini!

2 Comments

Leave a Reply