Frisian Flag Susu Kental Manis, Pabrik dengan Kenangan Manis

…hingga tetes terakhir!

Pasti kalian tahulah itu penggalan kata di atas dari mana, yak? Hehehe. Waktu baca itu bisa jadi kamu tiba-tiba bergumam. Sama kayak aku yang ketika tiba di Pabrik Frisian Flag Susu Kental Manis hari Rabu (23/11) lalu. Bahkan, sampai besok-besoknya aku kok jadi keranjingan bersenandung jingle itu mulu.

Yaps! Dakuh dan blogger-blogger keceh lainnya – Rabu lalu – berkesempatan untuk berkunjung ke Pabrik Susu Kental Manis Frisian Flag yang ada di Ciracas, Jakarta Timur. Sebenarnya di sana nggak nostalgia banget – sesuai judul posting aku kali ini – karena justru banyak hal baru yang kita dapet di sana. Yang bahkan mungkin belum pernah dilihat. Tapiii… Ketika berkeliling pabrik Frisian Flag, ada banyak cerita menarik yang didapet! Beberapa di antaranya seakan bikin kembali ke masa lalu.

Sejarah Berdirinya Frisian Flag Susu Kental Manis di Indonesia

Actually, aku baru ngeh kalau ternyata Frisian Flag sudah sangat lama berdiri. 95 tahun! Susu Bendera sudah hadir sejak tahun 1922 di Indonesia. Iyak, susu kental manis Frisian Flag ini adalah susu pertama yang aku kenal. Hahaha. Waktu kecil demen banget ngejilatin susu kental manis inih. Wkwkwkw. Berasal dari negeri Belanda, awalnya penyebutan merek dari perusahaan FrieslandCampina ini adalah ‘Frisian Flah’. Cumen rada njelimet di telinga orang Indonesia. Jadilah, nama Frisian Flag dikenal sebagai ‘susu tjap bendera’ yang kemudian dikenal sebagai ‘susu bendera’. Aku yakin hampir kita semua berada di generasi susu kental manis dari Frisian Flag ini dan punya banyak kenangan menarik dengan susu yang aduhai ngebayanginnya aja udah menelan ludah. Tempo hari sebelum Bu Tanti ngejelasin soal sejarah FFI, kita diajak untuk nyanyiin jingle Susu Bendera Cokelat. Hihihi.

Namun, jujur saja, beberapa waktu belakangan ini – dakuh mulai mengurangi konsumsi susu kental manis karena takut gemuk dan diabetes. Dan, acara yang digelar oleh Frisian Flag tempo hari ngebuka mata banget bahwa pemahaman selama ini tentang susu kental manis tak sepenuhnya benar.

🙂

Proses Produksi Susu Kental Manis Frisian Flag yang Terjamin

Proses pembuatan susu bendera
Proses pembuatan susu bendera Source: Tim Frisian Flag

Mas Aryono Bambang Ardhyo, sebagai Corporate Research Development Manager PT. Frisian Flag Indonesia ngejelasin proses produksi dari susu kental manis tersebut. Oh ya, secara sederhana – takaran gizi di susu kental manis tentulah sudah diriset dan diteliti oleh ahli gizi. Begitulah kira-kira, jadi nggak pernah parno banget sama susu kental manis. Selain itu, susu yang dikentalkan ini sengaja dibikin supaya tahan lama. Nah, kemudian, nantinya ketika akan dikonsumsi – susu tersebut dicairkan lalu dikonsumsi.

Jadi, susu itu penting! Kalian pasti inget dengan semboyan “4 sehat 5 sempurna”, bukan? Nah, penyempurna kelengkapan gizi tersebut adalah susu. Oleh karena itu, Frisian Flag telah lebih dulu mengkampanyekan “Bulan Sarapan Sempurna” pada Maret 2016 lalu. Kampanye tersebut mengajak keluarga Indonesia untuk menikmati sarapan di pagi hari dengan gizi yang lengkap, termasuk di dalamnya adalah kebutuhan akan susu. Akuh jadi diingetin juga untuk gak lupain sarapan.

😉

As information, pabrik Frisian Flag di Jakarta dapat memproduksi 250 ton susu sapi per hari. Proses mulai dari pengambilan susu dari peternak yang sudah kerjasama dengan FFI (Frisian Flag Indonesia) – yang sebagian besar dari Jawa Barat – dipastikan steril. Frisian Flag sendiri menggunakan teknologi canggih untuk proses pembuatan susu kental manis mereka dan susu-susu lainnya. Thanks, FFI! Yang udah ngajakin blogger untuk keliling pabrik mereka.

Pertama kali masuk ke wilayah pabrik Frisian Flag Susu Kental Manis, kita dituntut untuk bener-bener teratur, loh. Kita harus nyebrang dan jalan di area yang udah ditentukan bagi pejalan kaki. Kemudian, di dalam pabrik – kita mesti pakai pakaian khusus, masker, penutup rambut, sepatu khusus dan penutup telinga karena suara bising di dalam pabrik pembuatan susu. Oh ya, nggak boleh bawa handphone, terlalu banyak perhiasan dan lainnya ke dalem loh! Ketika memasuki tempat produksi susu – aroma susu kental manis kentara banget! Anyway, buang jauh-jauh kesan pabrik yang selama ini mungkin terbersit – kalau aku ngebayangin pabrik ituh biasanya agak apa yaaa… Sulit ngejelasinnya. Di pabrik Frisian Flag, aku kaget banget karena bersih banget, rapi karena setiap orang harus jalan di area yang ditentukan trus ada juga ruangan khusus untuk briefing. Pabrik Frisian Flag juga gunain mesin-mesin keceh yang udah di-setting otomatis jadi nggak perlu banyak tangan manusia.

Salah satu sudut di salah satu ruangan Frisian Flag
Salah satu sudut di salah satu ruangan Frisian Flag

Sebelum menuju pabriknya, kami mendengarkan banyak penjelasan menarik di satu ruangan yang unik banget di area pabrik FFI. Duh, aku lupa nama ruangannya apa. Tapiii, lucuk! Instagrammable banget! Di bagian sekeliling ruangan tersebut dipajang beragam jenis ruangan yang punya filosofi tersendiri. Intinya adalah Susu Bendera ‘masuk’ ke generasi mana saja. Tak heran karena Susu Bendera sendiri hadir dalam beragam produk, di antaranya:

  • Susu kental manis yang ikonik ituh, yang terdiri dari Frisian Flag Kental Manis Gold, Putih dan Cokelat. FYI juga, selain Susu Kental Manis Bendera ada juga Omela dari Frisian Flag.
  • Susu bubuk full cream.
  • Susu cair, yang salah satu varian terbarunya adalah Coconut Delight.
  • Susu Friso, sebagai susu pertumbuhan anak.

Hanya saja, Rabu lalu kita lebih diajak untuk mengenal susu kental manis dulu.

😉

Kenangan Manis dengan Tim Frisian Flag

Nah, sebagai bagian dari semakin mengenal susu kental manis dari Frisian Flag, tim FF ngajakin blogger untuk melihat demo mixing beragam minuman yang menggunakan susu kental manis. Setidaknya ada tiga jenis minuman yang dihidangkan, yaitu: Choco Rock, Childhood Crumbs dan Chocomint Mojito. Yang paling laris itu Childhood Crumbs – asyim enak beudh! Hahaha. Ini lagi ngetik ngebayangin minumannya, uhh~~~

Kreasi Minuman dengan Susu Kental Manis Frisian Flag
Kreasi Minuman dengan Susu Kental Manis Frisian Flag

Yang pasti acara kunjungan blogger ke Pabrik Frisian Flag Susu Kental Manis tempo hari bener-bener seru! Apalagi MC-nya Mba Tyas (@tyasputrims) yang kocak banget mandu acaranya. *loh jadi salfok*. Kru Frisian Flag termasuk pembicara dari tim FF juga seru abis, jauh dari kata boring. ^^ Tak lupa, acara kemarin bertabur hadiah menarik untuk blogger. Yang uniknya adalah hadiah-hadiahnya produk dapur, ada alat pemotong bahan masakan, wajan sampe dengan blender. Hahaha. Duh, pulang-pulang dari sonoh – dakuh serasa penganten baru yang dapet hadiah pernikahan. Jadi, pengin cepet nikah deh biar barang-barangnya kepake. *lol* *salfok lagi*

At the end, thank you, Frisian Flag! You all made my day. Ada banyak kenangan manis tentang susu bendera yang telah hadir di hidupku. Sekarang, semakin banyak lagi yang akan aku kenang.

Kunjungan Blogger ke Pabrik Frisian Flag
Doc. Katerina (www.travelerien.com)

Kamu mungkin suka tulisan ini!

6 Comments

  1. Senang bisa jumpa Mbak Helda dan semua blogger kece.
    Btw, sempat sport jantung tuh saya pas ada tragedi ketuker tuker gudibeg itu, hihi… Tapi jadi kenangan manis dan keseruan yang tidak akan terlupakan ya, Mbak ?

Leave a Reply