Catatan dari dan untuk Blogger Camp 2015

Setelah 3 tahun (iya, benar, ya?). Kalau tidak salah perhelatan blogger terbesar di Indonesia ini dilaksanakan terakhir kali pada tahun 2011 dengan tema “ON|OFF”. Finally, di tahun 2015, atas inisiatif beberapa orang di balik acara ini, lahirlah Blogger Camp 2015.

Seperti angin segarlah! Bayangkan saja di tahun-tahun silam, gelaran ini ditiadakan. Memang dunia blog tetap ramai dan bahkan makin ramai, masih ada acara-acara lainnya. Namun, khusus untuk memperingat “Hari Blogger Nasional” yang jatuh di tanggal 27 Oktober ini.. Hmm.

🙂

Blogger Camp 2015 – Membangun Kredibilitas Blog

Thank you kepada @indosatmania yang sudah sediakan jaringan di lokasi acara Camp Hulu Cai, Ciawi, Bogor. Sekarang mereka sudah meng-cover layanan 4G. Salah satu bentuk dukungan Indosat kepada para netizen juga tertuang dalam salah satu layanan terbaru mereka “Indosat Love”. Pada sesi siang acara Blogger Camp, diperkenalkan Indosat Love adalah semacam social endorser yakni layanan berbagi yang disediakan oleh Indosat melalui laman indosat.com/love. Kamu bisa dapat feedback juga dari sana lho!

Hampir sama dengan Indosat, Net Media pun tak kalah berinisiatif melirik kemampuan masyarakat yang aktif secara online / perangkat mereka sendiri dalam hal meliput beragam peristiwa penting. Mungkin beberapa dari kamu sudah mengenal netcj.co.id yang menampung beragam video dari warga. Layanan ini diperkenalkan oleh Net TV di acara sesi api unggun, Senin malam kemarin. Oiya, selain itu, Blogger Camp 2015 diliput oleh Net TV ya! Jadi, jangan lupa pantengin stasiun kekinian ini.

image

Blogger Camp 2015 sendiri merupakan perhelatan blogger yang digelar dalam rangka merayakan “Hari Blogger Nasional” yang telah tercanang sejak tahun 2007. 8 tahun. Bukan jangka waktu yang pendek. Konsep tahun ini cukup berbeda dan sangat menarik: Pesta ini digelar dengan konsep camping. What a great idea! Jangan bayangin blogger-blogger tidur ‘nyaman’ di kamar ber-AC, tetapi kali ini blogger ditantang untuk ‘menyatu’ dengan alam. Hahaha, okay, this is the first time for me, seriously! Ini pertama kalinya aku camping.

Tema tahun ini sendiri cukup menarik “Membangun Kredibilitas Blog”, sesuai dengan riuh blogosphere. Ranah Internet dimeriahkan oleh banyak blogger dan blog. Blog sendiri sering dijadikan sebagai alternatif sumber informasi. Ah, aku jadi keinget salah satu kata Ndorokakung di salah satu wawancara di salah satu blog ‘kenamaan’ yang cukup sering aku kunjungi: “…Kalau nulis jangan ngarang”. Wawancara tersebut diterbitkan pada tanggal 26 Oktober, beberapa jam sebelum bus Big Bird menjemput kami dari Harris Hotel.

Tepat! Kata-kata tersebut juga diucapkan oleh seniman ternama Nirwan Dewanto di sesi pagi talkshow Blogger Camp (27/07), Beliau mengatakan:

Reputasi seseorang dibawa oleh kebenaran tertentu yang dia bawa

.

Kalimat serupa juga diucapkan oleh Pakde Mbilung, salah seorang sepuh blogosphere Ndobos.com pada Sesi Api Unggun, malam sebelumnya.

Kesimpulanku: Kebenaran itu bisa dipercaya juga, oleh karena konsisten kita dengan jati diri kita selama ini di Internet. Kalau biasa kita ngomongin politik, eh, tiba-tiba ngomong fashion (apalagi dibayar pula) – kadang jadi tidak nyambung. Memang tidak selalu salah. Hanya saja, perlu kita tanyakan pada diri sendiri: Saya mau dikenal sebagai apa, sehingga orang-orang mereferensi kepada saya.

Oiya, kita juga diingatkan untuk bicara di blog berdasarkan fakta dan data yang akurat. Jangan ngarang! Bahkan nulis cerpen atau fiksi sekalipun – yang masuk akal. Eits, bukan berarti nggak bebas berekspresi lho ya! Masuk akal di sini berarti fiksimu sendiri ya bisa dibayangkan. Gimana enak bacanya kalau pembaca baca fiksi acak-acakan.

image

Sharing Lainnya di Blogger Camp ID

Ada banyak lagi sharing lainnya di Blogger Camp 2015. Ada Mas Iman Brotoseno @imanbr yang pasti kalian taulah siapa. Ada perwakilan dari Twitter, Kak Maulana Nurhadi @justmaul dan juga Mas Muhammad Imran yang menjelaskan teknis blogging menggunakan data (baca: data di Internet, such as Google dan social media). Sesi Mas Imran dibahas dalam talkshow bertajuk “Predictive Content Marketing Based on Big Data System”.

Aku belum bisa cerita panjang lebar di sini. Aku lagi live blogging, euy! Hihihi, waktunya terbatas. Lagian, keinget juga kata-kata Pakde Mbilung: “Blogpost, jangan panjang-panjang. Yang nulis capek, yang baca capek”.

Nanti, aku cerita lagi di next posting mengenai apa-apa saja yang diomongin. Tetapi, intinya adalah Blogger Camp 2015 ini mengajarkan kita untuk lebih menjaga kredibilitas kita sebagai blogger. Identitas, jati diri dan bagaimana kita harusnya tetap concern di passion kita.

Sedikit Saran

Terima kasih, Blogger Camp ID, sudah mengundang para blogger untuk berpesta. Salah satunya aku. Namun ada sedikit untuk next event, I hope there will be a next ya! Waktu sharing session di sesi Api Unggun, waktunya cukup terbatas sehingga blogger jadinya kurang bisa  saling mengutarakan pendapat dan pemahaman dia. Ya, memang, semua terbentur pada “waktu”. Waktu harus dibagi dengan para narasumber dan juga sponsor. Jika bisa, perbanyak lagi dong waktunya untuk bener-bener bicara dua arah. Kita di era Internet, untuk beberapa informasi produk bisa rujuk ke laman tertentu dan segera ajak tanya jawab.

:’)

Atau, ya, kalau tidak perbanyak lagi waktunya. Hehehe.

Tapi, terima kasih kepada semua sponsor yang sudah dukung Blogger Camp 2015 – Membangun Kredibilitas Blog. Overall, acaranya sukses dan menambah wawasan blogger untuk jadi lebih lebih baik lagi. Acara ini juga sedikit mengingatkan, melalui kata Mas @imanbr, untuk nggak jadi blogger acak-adul lagi. Ini karena orang-orang di Internet juga sekarang sudah perhatian dan cari informasi dari para blogger.

Selamat Hari Blogger Nasional!

Kamu mungkin suka tulisan ini!

2 Comments

  1. Setuju sama blogpost jangan panjang. Yang nulis capek yang baca capek. Ya kalo panjang tapi asyik cara bawainnya sih gapapa. Tapi kalo panjang ewer-ewer nggak jelas, fast read aja, trus close tab. Hahahaha.

Leave a Reply