Asyiknya Punya Sepeda Fixie di Perkotaan

Jual sepeda Bukalapak saat ini mulai dilirik untuk dijadikan alat transportasi pribadi di perkotaan. Tak terlalu butuh perawatan juga tak butuh bahan bakar, membuatnya menjadi alternatif kendaraan yang hemat sekaligus ramah lingkungan. Sekarang ini, harga bahan bakar yang melambung serta isu polusi udara makin santer terdengar, membuat sebagian warga kota yang sadar lingkungan mulai berinisiatif mengganti kendaraan berbahan bakar fosil mereka dengan kendaraan genjot. Dengan sistem genjot, yang keluar hanya keringat. Tak ada emisi sama dengan tak ada polusi yang menguar. Dengan menggenjot pula, mereka sudah berkontribusi mengurangi polusi.

Macet di perkotaan, tidak bisa dihindari. Yang ada hanya bagaimana mengakali situasi tersebut. Caranya bisa dengan simpan motor atau mobil kamu di garasi dan carilah Fixie. Nama itu merujuk pada kendaraan genjot dengan body ringan dan frame minimalis. Lalu apa hubungannya Fixie dengan kemacetan? Tentu kamu akan merasa stress saat terjebak macet bersama motor atau mobil kamu, dan ingin segera melaju ke tempat tujuan tepat waktu. Nah, jika kamu memakai Fixie, paling tidak kamu bisa bergerak di sela-sela kerumunan kendaraan yang lain. Asyiknya mempunyai Fixie tak hanya itu saja;

Sepeda Fixie, sumber: Pixabay
Sepeda Fixie, sumber: Pixabay
  • Fixie mempunyai berat tidak lebih dari 11kg. Tak hanya ringan di body, kendaraan ini pun ringan saat digenjot karena rodanya yang tipis.
  • Stang atau handler-nya tidak lebar, bentuknya lebih pendek. Dengan stang yang pendek, memungkinkan kamu untuk menyelinap di antara kemacetan.
  • Fixie menggunakan fix gear atau gigi tetap di gigi bagian belakang. kamu bisa dengan mudah maju atau memundurkan laju kendaraan ini dengan mudah.

Sebagai salah satu city ride yang ramah lingkungan, Fixie mendapatkan tempat di hati beberapa warga di kota. Mereka lebih memilih menggenjot Fixie mereka untuk berangkat kerja. Disamping lebih hemat dan sehat, dengan mengendarai sepeda Fixie, mereka bisa menghemat waktu. Biasanya jika dengan motor atau mobil, memakan waktu perjalanan 2 jam (efek terkena macet) dengan Fixie mereka bisa sampai ke kantor dalam sejam.

Kamu tertarik mencoba Fixie? Kunjungi saja toko yang menjual Fixie. Ada 2 cara untuk memilikinya, yaitu:

  • Bisa dengan membeli jadi
  • Merakit atau memodifikasi dengan barang bekas

Kamu bisa terlebih dulu membeli rangkanya yang kemudian bisa kamu gabungkan dengan komponen-komponen dari jenis road bike lama, tanpa menghilangkan ciri khas Fixie-nya.

A photo posted by Helda Sihombing (@cuaphelda) on

Perkotaan yang landskapnya semrawut dan padat membuat warganya kesulitan ‘bergerak’ dengan kendaraan bermotor pribadi mereka yang roda 2 maupun yang empat. Tahun demi tahun, tidak hanya penghuninya yang bertambah tapi juga kendaraan bermotornya. Alhasil, jalanan kian macet terlebih lagi di pusat kota. Sepeda pun, khususnya Fixie, akhirnya mulai diminati untuk lebih ‘berteman’ dengan kemacetan.

Kamu mungkin suka tulisan ini!